Google dan Kemendikbud Sediakan Paket Internet untuk Guru

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Mei 2020 10:40 WIB
    Google dan Kemendikbud Sediakan Paket Internet untuk Guru
    Ilustrasi. (Antara)
    Jakarta: Google bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan operator seluler untuk menyediakan paket internet gratis bagi guru untuk tetap mengaja secara online. Mereka menggandeng Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren.

    Nantinya, para guru yang mendaftarkan diri di program ini akan mendapatkan paket data sebesar 30GB akan didistribusikan lewat REFO dan Guru Berbagi. Keduanya adalah platform yang berfokus membagikan praktik-praktik terbaik untuk pembelajaran jarak jauh.

    "Kampanye Mengajar dari Rumah bersama portal Guru Berbagi merupakan sebuah inisiatif positif," tutur Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Iwan Syahril.

    "Ini merupakan perwujudan kolaborasi pemerintah dan swasta untuk mendukung guru. Semoga inisiatif ini dapat memotivasi guru untuk melakukan pembelajaran yang bermakna bagi murid selama masa belajar dari rumah," jelasnya.

    Para guru bisa mendaftarkan diri mereka hingga batas waktu tanggal 20 mei 2020. Proses pendaftaran dilakukan di situs Guru Berbagi dengan mengirimkan esai reflektif yang menguraikan pengalaman mereka mengajar dari rumah dan bagaimana dampak yang dirasakan para murid mereka.

    Google dan Kemendikbud Sediakan Paket Internet untuk Guru

    Esai ini memiliki panjang maksimum 1.000 kata dan minimal 300 kata. Ada empat poin panduan dalam esai yang akan dibuat. Pertama mengenai strategi pembelajaran daring yang guru lakukan, mulai dari topik, tujuan, dan strateginya.

    Kedua, menyoal reaksi atau pendapat murid mengenai proses pembelajaran jarak jauh ini dan apa alasannya. Ketiga adalah refleksi guru terhadap proses pembelajaran jarak jauh ini dan yang mereka pelajari dari proses tersebut. Kelima terkait hal-hal yang bisa diperbaikan untuk pembelajaran selanjutnya.

    Guru Berbagi akan menyeleksi para pemenangnya dan paket data gratisnya akan ditambahkan ke nomor telepon yang dipakai masing-masing pengajar selama mereka memakai nomor dari kelima penyedia itu. Paket datanya akan aktif selama 90 hari setelah didistribusikan.

    "Dalam rangka membantu mereka, kami juga meluncurkan program seperti Mengajar Dari Rumah, menyediakan satu domain untuk mengakses G Suite for Education bagi 1,8 juta siswa di Jakarta," ungkap Danny Ardianto dari tim Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia.

    Google juga akan mengadakan serangkaian webinar bagi para pengajar, serta menyediakan secara gratis fitur konferensi video premium kami, Google Meet, bagi semua orang hingga akhirSeptember 2020.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id