Tips & Trik

    Lindungi Privasi WhatsApp dengan Langkah ini

    Lufthi Anggraeni - 13 Februari 2020 16:05 WIB
    Lindungi Privasi WhatsApp dengan Langkah ini
    Berikut fitur WhatsApp yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga keamanan akun Anda.
    Jakarta: WhatsApp mengumumkan pencapaian terbarunya, yaitu kini memiliki sebanyak dua miliar pengguna di seluruh dunia. Prestasi ini juga menghadirkan tanggung jawab baru dalam memproteksi keamanan pengguna tersebut.
     
    Telah didukung oleh teknologi bertajuk enkripsi end-to-end, WhatsApp tetap mengimbau pengguna untuk tidak serta merta mempercayakan keamanan data kepada perusahaannya, dan secara aktif turut berkontribusi dalam menjaga data mereka.
     
    WhatsApp kembali menekankan pentingnya menjaga keamanan akun dengan sejumlah fitur yang telah disediakan di platform pesan instan miliknya tersebut. Berikut fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga keamanan akun.
     
    1. Verifikasi Dua Langkah
    Atur fitur ini melalui tab Akun dalam menu pengaturan WhatsApp > Two-step Verification > Enable. Dan setelah aktif, pengguna akan diharuskan untuk melakukan verifikasi nomor ponsel dengan pin enam digit yang diciptakan melalui fitur ini.
     
    2. Atur Privasi Profil
    Untuk memiliki privasi profil, Anda harus membatasi sejumlah informasi yang dapat dilihat pengguna lain, seperti Terakhir Dilihat (Last Seen), Foto Profil, Tentang dan Status. Untuk mengaturnya, Anda dapat mengakses menu Setting > Akun > Privasi.
     
    3. Atur Privasi Grup
    Menjaga keamanan salah satunya juga dapat dilakukan dengan mengatur privasi grup yang Anda ikuti, guna mengendalikan pihak yang dapat menambahkan Anda ke grup. Untuk mengaktifkannya, Anda perlu mengakses Settings > Akun > Privasi > Grup, dan pilih Kontak Saya Kecuali, Kontak Saya, Semua Orang.
     
    4. Kunci WhatsApp dengan Touch ID atau Face ID
    Salah satu fitur yang disediakan WhatsApp dan dapat Anda manfaatkan untuk menambah lapisan keamanan akun adalah via Touch ID dan Face ID untuk iPhone dan pemindaian sidik jari untuk aplikasi versi Android.
     
    Untuk mengaktifkan fitur ini, pada perangkat Android, Anda perlu mengakses Setting > Akun > Privasi > Fingerprint Lock, dan aktifkan Unlock with Fingerprint, kemudian daftarkan dan konfirmasi sidik jari. Sedangkan untuk iOS, Anda perlu mengakses Setting > Akun > Privasi > Screen Lock, dan aktifkan Touch ID atau Face ID.
     
    Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan perlindungan terhadap akun WhatsApp Anda. Selamat mencoba!



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id