TRX40, Chipset AMD Threadripper Generasi Terbaru?

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Oktober 2019 17:44 WIB
    TRX40, Chipset AMD Threadripper Generasi Terbaru?
    Tampilan AMD Ryzen Threadripper generasi pertama.
    Jakarta: AMD masih berhutang  mengumumkan prosesor generasi terbaru, Ryzen Threadripper di kelas HEDT (High-End Desktop). Sejauh ini dikabarkan AMD Ryzen Threadripper generasi ketiga akan dirilis bulan depan.

    Kini mulai beredar rumor mengenai chipset yang akan digunakan untuk prosesor tersebut. Kabarnya merek MSI tidak sengaja membocorkan spesifikasi salah satu motherboard mereka sebelum kemudian dihapus.

    Dikutip dari WCCFTech, MSI sempat menuliskan salah satu seri motherboard yang akan dirilis bernama MSI Creator TRX40. Melihat dari penamaannya motherboard ini menggunakan chipset bernama TRX40 yang diduga kuat untuk AMD Ryzen Threadripper generasi terbaru.

    Sebelumnya rumor yang cukup kuat juga sudah beredar. MSI diketahui mendaftarkan merek dagang ini di situs Komisi Perdagangan Eurasia yang berbasis di Rusia. Namun, pihak MSI tidak memberikan penjelasan lebih lengkap terkait hal ini.

    Biasanya setiap vendor memang akan mengumumkan jajaran motherboard dengan chipset terbaru mereka sebelum prosesor terbaru diperkenalkan ke pasar.

    Jadi rumor ini cukup masuk akal mengingat AMD Ryzen Threadripper terbaru direncanakan hadir bulan depan. MSI tidak sendiri, ASUS dan Gigabyte juga sudah mulai membocorkan motherboard TRX40.

    Informasi yang beredar juga menyebutkan bahwa motherboard dengan chipset TRX40 akan hadir dalam dua jenis platform yaitu enthusiasts dan workstations.

    Platform enthusiasts dirumorkan memiliki dukungan quad-channel memory dan per channel bisa mendukung kapasitas 256GB. Artinya, chipset di motherboard ini bisa mendukung kapasitas RAM 1TB. Tersedia juga 64 slot PCIe Gen4.

    Sayangnya rumor terbaru yang beredar sejak beberapa hari belakang menyebut chipset ini tidak akan mendukung atau kompatibel dengan AMD Ryzen Threadripper generasi pertama dan kedua.

    Rumor ini cukup mencemaskan banyak penggemarnya karena selama ini AMD dikenal memberikan kompatibilitas yang membuatnya sangat laku di pasar. Diduga kuat karena arsitektur AMD Ryzen Threadripper terbaru akan menggunakan fabrikasi 7nm jadi akan terjadi perubahan desain.

    Pihak AMD belum memberikan klarifikasi atas rumor terbaru. Jajaran AMD Ryzen Threadripper generasi ketiga diklaim akan menghadirkan varian pertamanya dengan spesifikasi 24 core.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id