Chia Coin Makin Populer, HDD dan SSD Ditakutkan Langka

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 Mei 2021 13:47 WIB
    Chia Coin Makin Populer, HDD dan SSD Ditakutkan Langka
    Ilustrasi. (WCCF Tech)



    Jakarta: Kepopuleran aset kripto atau cryptocurrency terbaru yaitu Chia Coins dilaporkan meroket dengan cepat. Hal ini dilihat dari data konsumsi perangkat storage atau penyimpanan data baik jenis HDD dan SSD yang menjadi alat mining utama.

    Kabar buruknya, perangkat HDD dan SSD dipastikan akan mulai langka. Nasib yang sama seperti pada kartu grafis atau GPU yang selama ini digunakan untuk mining aset kripto.






    Dikutip dari WCCFTech situs resmi Chia Coin mengklaim bahwa konsumsi storage atau perangkat penyimpanan data untuk mining Chia Coin terpantau sudah melebihi 1 Exabyte atau sama dengan 1 juta TB (terabyte). Peningkatan ini disebut mencapai 5,7 kali lipat sejak awal bulan April.

    Lebih detil lagi, konsumsi storage untuk mining Chia Coin sudah menyentuh 1,14 Exabyte. Bagi pihak penjual perangkat storage jelas hal ini menguntungkan namun permintaan yang meningkat dengan cepat ditakutkan bakal menimbulkan kelangkaan HDD dan SSD dalam waktu dekat.

    Dikutip dari DigiTimes, merek storage ADATA mengaku mengalami peningkatan penjualan hingga 500 persen di jenis SSD kapasitas besar pada bulan kemarin. Firma riset TrendFoucs memprediksi kelangkaan HDD dan SSD akan segera terjadi di pasar Asia.

    Di proses mining Chia Coin, dibutuhkan perangkat storage yang memiliki kecepatan performa tinggi untuk proses writing/reading berulang tapi juga daya tahan tinggi untuk usia penggunaan yang panjang. Makanya jenis HDD dan SSD server lebih dipilih dibandingkan kelas consumer.

    Tetap saja meskipun berbeda jenis kelas atau grade meningkatnya permintaan HDD dan SSD bakal berpengaruh terhadap pasokan suplai produksi yang mungkin masih terimbas pandemi.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id