AWS: Cloud Diprediksi Dorong Inovasi Digital di 2021

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 Februari 2021 12:07 WIB
    AWS: Cloud Diprediksi Dorong Inovasi Digital di 2021
    Ilustrasi.



    Jakarta: Platform penyedia teknologi dan solusi layanan cloud ternama Amazon Web Services (AWS) kemarin membagikan sejumlah prediksi mengenai perekmbangan teknologi cloud di tahun ini.

    Menurut Head of Solutions Architect ASEAN AWS, Paul Chen, kondisi pandemi memaksa perombakan atau adaptasi operasi menggunakan teknologi digital, cloud menjadi salah satu kunci untuk melakukannya.

     



    Menurut hasil riset Chief Technology Officer Amazon, Werner Vogels ada delapan prediksi yang dibuahkan mengenai perananan teknologi cloud di tahun ini.

    Pertama, adopsi cloud semakin luas. Hal ini didorong lokasi penyimpanan data yang tersentralisasi yaitu data center semakin menghilang karena implementasi aplikasi berbasis cloud semakin masif digunakan pada lokasi yang tidak terbayangkan seperti di atas kapal atau pesawat terbang.

    AWS sendiri mengembangkan solusi Amazon Outpost yang memungkinkan pelanggan membawa ekosistem cloud ke dalam lingkunagn on-premise milik perusahaan untuk menjagkau akses dari titik terluar.

    Kedua, cloud untuk jaringan internet machine learning. Ledakan data yang semakin disadari membuat adopsi machine learning semakin tinggi dan dibutuhkan tools untuk mengolah data dalam jumlah banyak dan cepat.

    Namun adopsi machine learning sendiri tidak akan hanya hadir di tingkat industri skala besar namun hingga ke sektor seperti pertanian dan lainnya untuk bisa ikut merasakan transformasi digital. Contohnya solusi AWL Machine Learning yang digunakan startup HARA.

    Ketiga, cloud mampu mendukung komunikasi dalam bentuk gambar, video, dan suara dibandingkan teks. Contohnya di Ghana, Afrika, perusahaan bernama Cowtribe membuat peternak bisa mengisi ulang kebutuhan ternak lewat perintah suara yang sederhana.

    Pada akhirnya di prediksi keempat adalah teknologi cloud akan menjadi pendorong transformasi digital massal. Di prediksi kelima, teknologi cloud masih akan mendukung penerapan pembelajaran jarak jauh di tahun ini. Masyarakat akan tersebiasa dengan solusi pembelajaran online.

    Keenam, bisnis berskala kecil akan berlomba untuk mengadopsi cloud karena mereka terbuka terhadap teknologi baru dan tidak terbebani oleh teknologi lama.

    Di Asia Tenggara, bisnis kecil memberikan kontribusi PDB sebesar 43% dan meliputi 99% dari total pelaku bisnis. Nasib sebuah bisnis, terutama pada saat ini, cukup banyak ditentukan oleh penyerapan teknologi.

    Apabila enggan untuk bergeser dari pola pikir tradisional dan menggunakan teknologi, sulit atau bahkan hampir tidak mungkin bagi bisnis untuk bertahan hidup.

    Solusi cloud dari AWS sendiri sudah diadopsi dan dikembangkan lebih jauh oleh startup Warung Pintar, memampukan pemilik warung untuk menerapkan inovasi pada operasional bisnis seperti inventarisasi, analitika penjualan, dan pembayaran non-tunai.

    Di prediksi ketujuh, AWS meyakini teknologi Quantum Computing akan semakin terwujud. AWS sendiri sudah menyediakan solusi Amazon Braket untuk peneliti mengembangkan teknologi ini. Prediksi terakhir adalah solusi cloud dan hubungannya dengan antariksa lewat teknologi satelit.

    Teknologi satelit memungkinkan pemindaian tidak lagi dilakukan secara horizontal yang memakan waktu, biaya, dan tenaga, melainkan langsung secara vertikal dari atas, alias bird’s-eye view.

    Pelanggan dapat menggunakan layanan AWS Ground Station untuk mengendalikan proses komunikasi dengan satelit serta pemrosesan data tanpa harus membangun infrastruktur stasiun bumi (ground station) tersendiri.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id