HP Android Lama Terancam Tak Bisa Buka Internet, Kenapa?

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 November 2020 12:57 WIB
    HP Android Lama Terancam Tak Bisa Buka Internet, Kenapa?
    Ilustrasi.
    Jakarta: Pengguna HP Android khsusunya yang memiliki sistem operasi lawas yaitu Android 7.0 Nougat atau lebih lama lagi bakal punya masalah serius mulai tahun depan. Semua smartphone Android dengan sistem operasi tadi tidak akan bisa membuat situs internet.

    Meskipun tetap bisa tersambung ke internet dan aplikasi lainnya tapi perangkat ini tidak akan bisa membuka sebagian besar situs internet terutama situs internet dengan sertifikasi keamanan Let's Encrypt.

    Dikutip dari Engadget, layanan sertifikasi enkripsi dan keamanan situs Let's Encrypt yang banyak digunakan pada situs internet Sayangnya sebagian vendor atau merek smartphone Android tidak lagi memberikan update sertifikasi tersebut di produk mereka terutama HP Android lawas.

    Akibatnya, HP Android dengan sistem operasi lama seperti sebelum Androd 7.0 atau Nougat dan tidak akan bisa membuka banyak situs internet yang mengantongi sertifikasi Let's Encrypt. Situs akan menganggap perangkat Anda tidak aman untuk mengakses situs tersebut.

    Alternatifnya, pengguna HP Android lama terpaksa harus memasang aplikasi browser yang masih mengantongi sertifikasi dari Let's Encrypt, misalnya. Mozilla Firefox. Namun tentu saja banyak dari pengguna Android yang lebih menyukai browser seperti Google Chrome.

    Mau tidak mau, pengguna HP Android dengan sistem operasi di atas harus segera membeli smartphone baru. Lisensi sertifikasi keamanan situs dari Let's Encrypt akan berhenti per tanggal 11 Januari 2021, dan dukungan terakhir diberikan hingga September 2021.

    Let's Encrypt mendeteksi bahwa saat ini ada sekitar 33,8 persen HP Android yang masih menggunakan sistem operasi yang lebih lama dari Android 7.0. Banyak dari seri perangkat ini bahkan sama sekali sudah tidak menerima update dari vendor atau produsennya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id