Dukungan Windows 10 Bakal Setop di 2025

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Juni 2021 09:49 WIB
    Dukungan Windows 10 Bakal Setop di 2025
    Ilustrasi. (Tech Radar)



    Jakarta: Selama beberapa tahun belakangan Windows 10 menjadi sistem operasi terkini untuk platform PC dan laptop. Sistem operasi yang dirilis pada tahun 2015 tersebut sempat disebut CEO Microsoft, Satya Nadella, sebagai versi yang paling akhir dan terus mendapat pembaruan.

    Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Microsoft justru akan menghentikan dukungan atau support untuk sistem operasi Windows 10 di tahun 2025. Hal ini terungkap dari halaman dokumen dukungan lifecycle Microsoft. Windows 10 Home dan Pro bakal berhenti menerima dukungan pada 14 Oktober 2025.

     



    Informasi yang dibagikan oleh situs Thurrott membuat banyak pihak menduga bahwa Microsoft sudah menyiapkan sistem operasi generasi terbaru yang saat ini bisa disebut sebagai Windows 11. Microsoft sendiri sudah memberikan sejumlah bocoran.

    Di bulan Mei, Microsoft menggelar acara Build 2021 dan di kesempatan tersebut Nadella sempat menyebutkan soal generasi selanjutnya dari Window tanpa memberikan bocoran sedikitpun. Windows 10 sendiri beberapa waktu belakangan terus merilis update yang membawa perubahan dari sisi antarmuka.

    Rumor yang beredar sejauh ini menyebutkan bahwa Microsoft sedang mengerjakan sesuatu yang cukup besar dibandingkan menyediakan tampilan baru bagi Windows 10. Mereka digosipkan sedang mengerjakan proyek bernama Sun Valley.

    Apabila melihat kembali tanggal rilis Windows 10 dan tenggat waktu berhentinya dukungan dari Microsoft maka Windows 10 akan berusia 10 tahun. Durasi ini sama seperti yang berlaku di seri Windows terdahulu.

    Microsoft mungkin akan kembali menyediakan dukungan berbayar apabila sudah melewati tenggat waktu tadi seperti yang dilakukan pada seri Windows 7.

    Kondisi tersebut disebabkan banyak perangkat terutama di perkantoran dan instansi pemerintah yang belum melakukan upgrade dari Windows 7 sehingga tersedia perpanjangan dukungan berbayar dengan durasi hingga tiga tahun.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id