XL Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Banyuwangi

    Mohammad Mamduh - 05 April 2019 09:07 WIB
    XL Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Banyuwangi
    Aplikasi Laut Nusantara menggandeng nelayan Banyuwangi
    Banyuwangi: XL Axiata melanjutkan program sosialisasi aplikasi Laut Nusantara kepada nelayan. Kali ini, sosialisasi dilakukan di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi Kota, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

    XL mengklaim lebih dari 100 nelayan yang mengikuti program sosialisasi Laut Nusantara. Di acara sosialisasi ini, masyarakat nelayan mendapatkan pelatihan mengenai pemanfaatan aplikasi digital Laut Nusantara untuk meningkatkan produktivitas sekaligus keamanan mereka dalam bekerja.

    Turut menyaksikan acara ini adalah Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Kepala Balai Riset & Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP) I Nyoman Radiarta, serta Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini.
     
    “Banyuwangi merupakan salah satu sentra penghasil ikan laut terbesar di Jawa Timur. Banyak masyarakat nelayan dengan perahu-perahu bermesin kecil di bawah 5 gross ton. Aplikasi Laut Nusantara guna membantu mendorong produktivitas hasil tangkap mereka," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini. 
     
    Dian melanjutkan, sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara sekaligus merupakan bagian dari strategi XL Axiata membantu pemerintah menyiapkan masyarakat memasuki era digital.

    Sosialisasi ini juga memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan untuk secara maksimal memanfaatkan smartphone dan layanan data yang diaksesnya guna meningkatkan produktivitas kerja.

    Melalui sarana digital, nelayan bisa mendapatkan sumber informasi bermanfaat yang bisa membantunya menemukan lokasi tempat ikan berada, sekaligus memberikan panduan keselamatan kerja.
     
    XL Axiata juga membekali para peserta dengan smartphone yang di dalamnya sudah terpasang aplikasi Laut Nusantara. Sebelumnya, para nelayan sudah terlebih dulu mendapatkan pelatihan bagaimana cara menggunakan aplikasi Laut Nusantara. Dengan begitu, mereka bisa langsung memanfaatkannya saat melaut.
     
    Aplikasi Laut Nusantara dibangun selama kurang lebih 5 bulan, didukung basis informasi sepenuhnya dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL).

    Sebagai lembaga riset dan observasi kelautan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan, BROL memiliki data kelautan yang lengkap dan berguna untuk pengembangan di bidang kelautan, termasuk manfaat praktis bagi nelayan kecil.
     
    Data-data dari BROL juga terbaru dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara. Pembaruan data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus.

    Sementara itu, ada juga data yang bersifat prakiraan berdasarkan analisis data selama 20 tahun ke belakang. Tim XL Axiata dan BROL mengklaim sebelumnya sudah melakukan penelitian dan survey ke sejumlah komunitas nelayan di berbagai daerah untuk mengetahui kebutuhan mereka terkait informasi seputar aktivitas penangkapan ikan.
     
    Fitur yang paling baru adalah fitur navigasi. Fitur navigasi ini berisi infomasi mengenai jarak, kalkulasi bbm otomatis dari jarak yang titik-titik tujuannya sudah ditentukan nelayan, dan arah (heading bearing).
     
    Saat ini XL mengklaim sudah ada 11 daerah dan 1.300 nelayan yang sudah menerima sosialisasi program Laut Nusantara. Ke-11 daerah tersebut adalah Perancak, Pandeglang, Lombok Tengah, Kenjeran, Situbondo, Indramayu, Greges, Pakutatan, Serang, Sendang Biru, dan Prigi. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id