Strategi XL Axiata untuk Lebaran 2019

    Mohammad Mamduh - 04 April 2019 23:16 WIB
    Strategi XL Axiata untuk Lebaran 2019
    BTS Pelabuhan Ketapang
    Banyuwangi: XL Axiata mengklaim telah menyiapkan jaringan guna menghadapi kemungkinan lonjakan trafik saat memasuki bulan Ramadan dan berlanjut dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

    Aktivitas yang dimaksud terutama merujuk pada tren penggunaan jenis-jenis layanan data, arus mudik dan arus balik, dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran. Antisipasi juga diklaim dilakukan dengan mengamankan koneksi di sepanjang jalur tol baru, baik di Jawa maupun Sumatera yang kemungkinan akan menjadi jalur utama masyarakat selama libur Lebaran.
     
    XL Axiata memprediksi, trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi yaitu sekitar 30 persen dibandingkan hari-hari biasa. Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik. 
     
    Pada jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan, terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur /hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data.

    Selain itu juga dilakukan penambahan upstream menjadi 1.5x melalui 2 exchange (Singapura dan Australia). XL juga mengklaim telah menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran.
     
    XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani jaringan data 4G. Di sepanjang Pulau Jawa, 100 persen baik jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta-Surabaya telah ada jaringan.

    Sementara itu, jalan tol di luar Jawa, yaitu Bakauheni-Terbanggi yang juga sudah beroperasi, jaringan 4G XL Axiata diklaim telah tersedia di lebih dari 85 persen jalur tersebut.

    Untuk jalan raya non-tol pantai Utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover 4G hingga sekitar 95 persen, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90 persen. Di Sumatera lebih dari 94 persen jalur mudik utama diklaim telah punya jaringan 4G, sedangkan di Kalimantan mencapai 66 persen.
     
    Seperti tahun-tahun sebelumnya, kota-kota tujuan utama mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur diprediksi mengalami lonjakan trafik sebagai imbas dari terjadinya perpindahan pelanggan untuk mudik dari kota-kota besar seperti Jakarta ke kota yang lebih kecil.

    Tahun lalu, wilayah Jawa Tengah menjadi tujuan utama mudiknya pelanggan XL Axiata. Tercatat sedikitnya ada peningkatan jumlah pelanggan di wilayah ini sebanyak 26 persen yang merupakan pindahan dari wilayah lain dalam periode Lebaran.

    Di Jawa Barat terjadi kenaikan pelanggan sekitar 14 persen dan Jawa Timur 12 persen. Sebaliknya, Sejumlah wilayah di Sumatera juga diprediksi mengalami hal yang sama, seperti antara lain Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.
     
    XL Axiata memprediksi trafik layanan data akan kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan dan libur Lebaran. Pada periode Ramadan-Lebaran tahun 2018 lalu, total trafik data mencapai tidak kurang dari 7.000TB, sementara trafik di hari biasa 2019 sejauh ini sudah mencapai sekitar 9.300TB.

    Trafik data Ramadan dan Lebaran tahun 2019 ini diprediksi akan meningkat sekitar 30 persen. Beberapa faktor mempengaruhi terus meningkatnya trafik data ini dari tahun ke tahun.
     
    Faktor pendorong tersebut antara lain adalah kebiasaan pelanggan mengakses data tidak sekadar untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun juga untuk akses ke berbagai layanan data lainnya, baik untuk hiburan, medsos, transaksi jual beli, perbankan, juga akses ke informasi.
     
    Layanan streaming akan mengalami kenaikan trafik tertinggi. Hal ini berdasarkan data terakhir mengenai distribusi penggunaan layanan data oleh pelanggan. Layanan streaming memang menjadi layanan yang paling dominan, yaitu sekitar 68 persen.

    Pada layanan ini, akses ke layanan video (via Youtube, Facebook, dan Intagram) sangat mendominasi, yaitu mencapai 64 persen. Streaming lain yang cukup banyak diakses adalah game sekitar 2,5 persen. Selanjutnya, instant messaging 17 persen, dan media sosial 15 persen.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id