Kominfo Harap Kolaborasi Digital Bisa Gerakan Industri Hiburan

    Lufthi Anggraeni - 30 April 2021 11:05 WIB
    Kominfo Harap Kolaborasi Digital Bisa Gerakan Industri Hiburan
    Kominfo menyampaikan dukungan terhadap platform kolaborasi industri hiburan di Tanah Air.



    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaikan dukungan terhadap Indonesia Entertainment Ecosystem (Eventori) sebagai platform kolaborasi industri hiburan di Tanah Air.

    “Saya dengan bangga menyambut baik Eventori yang menyiapkan sarana dan prasarana untuk menggabungkan dan menggerakkan hilir dari industri-industri hiburan, ini luar biasa yang harus kita dukung,” ujar Johnny.






    Johnny menyebut kini menikmati industri musik di era digital dapat diatur dari jarak jauh, melalui platform atau sarana telekomunikasi dan digital. Hal tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh penyelenggaraan event tanpa melibatkan kehadiran fisik.

    Sebagai fasilitator, Johnny menegaskan dukungannya untuk mendorong pengisian ruang digital oleh kemampuan dalam negeri. Oleh karena itu, dengan kehadiran inventor, inovator serta konten kreator akan lebih kreatif dalam menghasilkan karya seni, yang tidak saja untuk kebutuhan pasar dalam negeri, tapi juga pasar lintas batas negara.

    Selain itu, Johnny juga mengajak pelaku industri hiburan di Tanah Air agar secara bersama-sama mendorong karya dan hak cipta untuk kepentingan nasional. Sebab, lanjutnya, pasar, sumber inspirasi seni, pegiat dan SDM dalam negeri sangat bervariasi berkat kebudayaan Tanah Air yang beragam.

    Sebagai bentuk dukungan kepada industri hiburan, Menkominfo menegaskan bahwa pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo melaksanakan akselerasi transformasi digital secara besar-besaran.

    Hal ini sebagai respon terhadap pandemi Covid-19 dimana masyarakat dunia termasuk Indonesia bermigrasi dari ruang ruang fisik ke ruang ruang digital. Dan salah satu tugas Kementerian Kominfo adalah memastikan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi lebih merata di seluruh Indonesia melalui gelaran 4G ke seluruh desa.

    Kementerian Kominfo juga memastikan pembangunan infrastruktur dari middle mile hingga the last mile, serta tersedianya kapasitas satelit yang memadai dan cukup untuk menyiapkan infrastruktur digital bagi kepentingan migrasi masyarakat ke dalam ruang digital.

    Johnny juga menegaskan bahwa kebutuhan Indonesia yang tidak kalah pentingnya dalam menyambut transformasi digital adalah SDM digital atau digital talent. Menurutnya, Indonesia diproyeksikan dalam 15 tahun ke depan setidaknya membutuhkan 9 juta digital talent atau setara dengan 600 ribu digital talent per tahun.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id