Bocoran Chipset Smartphone Buatan AMD, Pesaing Snapdragon 865

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 Juni 2020 10:52 WIB
    Bocoran Chipset Smartphone Buatan AMD, Pesaing Snapdragon 865
    Ilustrasi. (AMD)
    Jakarta: AMD dikenal sebagai produsen chipset kompetitor Intel di platform komputer atau PC. Namun, apabila perusahaan tersebut terjun ke perangkat mobile atau smartphone dipastikan Qualcomm dan MediaTek mulai waspada.

    Kabarnya, keberhasilan AMD di pasar prosesor PC terutama segemen gaming membuat mereka mencoba peruntungan di pasar smartphone. Rumor menyebutkan AMD sedang mengembangkan chipset bernama AMD Ryzen C7 untuk smartphone.

    Dikutip dari Techspot, akun Twitter bernama HansDeVriesNL mengunggah bocoran mengenai spesifikasi dari AMD Ryzen C7. Meskipun begitu, harus dicatat bahwa informasi ini belum valid karena AMD sama sekali tidak pernah menyinggung produk ini.

    Baca: Qualcomm Umumkan Snapdragon 865 dan 765

    Melihat spesifikasi dari AMD Ryzen C7 yang dibocorkan di internet, tampaknya chipset ini punya performa tangguh yang bisa menyaingi Qualcomm Snapdragon. Chipset AMD Ryzen C7 diklaim mengusung arsitektur octa-core atau depalan core.

    Chipset ini diproduksi oleh TSMC dengan fabrikasi terbari yaitu 5nm. Delapan core di dalamnya terdiri dari 2-core Gaugin Pro Mobile Core yang diadopsi dari ARM Cortex-X1 3Ghz, 2-core Gaugin Mobile Core berbasis ARM Cortex-A78 di 2,6Ghz.

    Sisanya ada 4-core berdaya rendah dari ARM Cortex A55 di kecepatan 2GHz. Sekilas arsitektur ini mengingatkan chipset Qualcomm Snapdragon yang memadukan core berkecepatan tinggi dan core berdaya rendah.

    Bocoran Chipset Smartphone Buatan AMD, Pesaing Snapdragon 865

    Hal menarik terletak di bagian GPU. AMD Ryzen C7 diklaim menggunakan AMD Radeon RDNA 2 Mobile yan diklaim 45 persen lebih cepat dari Qualcomm Adreno 650 yang digunakan di chipset Snapdragon 865. Artinya, kemampuan grafis dari chipset AMD bakal lebih mumpuni di atas kertas.

    Di bocoran ini AMD juga mengklaim bahwa GPU buatannya akan jadi yang pertama mendukung real-time hardware acccelerated ray tracing dan variable rate shading. Kemampuan ini serupa dengan yang disajikan di perangkat PC.

    AMD sendiri tidak mengembangkan modul modem sendiri di chipset AMD Ryzen C7. Mereka disbeut mengandalkan modem MediaTek 5G UltraSave yang mendukung Carrier aggregation sekaligus Dual SIM 5G.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id