Kendala Microsoft Seandainya Ingin Beli TikTok

    Lufthi Anggraeni - 11 Agustus 2020 14:58 WIB
    Kendala Microsoft Seandainya Ingin Beli TikTok
    Microsoft dilaporkan mengalami kendala teknis dalam upayanya untuk mengakuisisi TikTok.
    Jakarta: Microsoft telah secara terang-terangan menyampaikan minatnya untuk mengakuisisi aplikasi jejaring sosial yang saat ini tengah populer, TikTok. Hal ini juga mendapatkan dukungan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Sayangnya, Microsoft dilaporkan mengalami kendala teknis dalam upayanya mengakuisisi aplikasi tersebut. Dan kendala teknis ini menguji kesabaran pemerintahan yang dipimpin Presiden Amerika Serikat ke-45 tersebut.

    Sebagai pengingat, Trump memberikan tenggat waktu bagi Microsoft untuk merampungkan rencana perlindungan data pribadi pengguna warga Amerika Serikat terkait dengan upaya akuisisi TikTok hingga tanggal 15 September mendatang.

    Sementara itu, Microsoft dilaporkan tengah dalam proses diskusi menyoal masa transisi untuk memberikan waktu menonaktifkan TikTok secara teknologi setelah kesepakatan tercapai. Dikutip dari berbagai sumber, Trump telah mengeluarkan perintah pemblokiran TikTok jika tidak mencapai kesepakatan akuisisi dengan perusahaan asal Amerika Serikat.

    Menurut pakar keamanan siber River Loop Security Ryan Speers menyebut untuk memastikan layanan TikTok tidak terganggu, Microsoft diprediksi perlu mengandalkan kode induk perusahaan TikTok, ByteDance, saat meninjau dan merevisi kode, agar dapat beralih ke infrastruktur back-end baru untuk melayani pengguna.

    ByteDance juga dilaporkan mulai melakukan pemisahan teknologi selama beberapa bulan lalu, yang diawasi oleh pemerintah AS. Perusahaan asal Tiongkok ini mulai merencanakan perpecahan sebagai bagian dari strategi untuk mengalihkan kekuatannya dari Tiongkok.

    Menyoal kode untuk aplikasi penentu tampilan dan nuansa TikTok, ByteDance telah memisahkannya dari aplikasi versi Tiongkok Douyin, meski kode server masih dibagikan sebagian ke produk ByteDance lainnya.

    Kode server ini menyediakan fungsionalitas dasar aplikasi seperti penyimpanan data, algoritma moderasi dan rekomendasi konten, seta pengelolaan profil pengguna.

    Upaya akuisisi Microsoft juga mengalami tantangan lain termasuk cara memindahkan faktor yang menjadi senjata utama penyebab aplikasi TikTok mampu menarik perhatian banyak pengguna yaitu mesin rekomendasi.

    Mesin rekomendasi yang memanfaatkan algoritma ini memberdayakan halaman utama Untuk Kamu di TikTok sebagai medium penyuguh video rekomendasi bagi pengguna, yang didasarkan pada analisis perilaku pengguna.

    Algoritma rekomendasi TikTok ini disebut sebagai algoritma independen karya Douyin, yang mencantumkan konten dan informasi pengguna ke dalam algoritma tersebut. 

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id