comscore

Tren Jual-Beli Online 2021 Versi Tokopedia

Mohammad Mamduh - 09 Januari 2022 10:20 WIB
Tren Jual-Beli Online 2021 Versi Tokopedia
foto: Tokopedia
Jakarta: Tokopedia membagikan deretan temuan menarik terkait tren jual-beli online masyarakat sepanjang 2021. Mereka menyebut teknologi semakin menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis. 
 
“Medan, Bandung dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan paling tinggi di Tokopedia. Ini didorong oleh kehadiran inisiatif Hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan lainnya,” ungkap VP of Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak. 

“Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang terdiri dari berbagai turunan kampanye dan dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan setiap daerah ini, bertujukan mendekatkan pembeli dengan penjual setempat agar belanja online bisa lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” tambah Nuraini.
 
Verne Indonesia, salah satu UMKM kerajinan kulit dari Surabaya, mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya berkat penjualan online.
 
Kategori Rumah Tangga, Fesyen serta Olahraga dan Hobi menjadi yang paling laris. Berbagai kampanye telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, Festival Fashion Lokal Jawa Barat atau Tokopedia Fashion Week, Sportacular lain-lain. 
“Masker, kaos dan sepatu sneakers menjadi produk paling populer selama 2021 di Tokopedia,” ujar Nuraini.

Menurut Nuraini, melejitnya penjualan sepatu sneakers didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan bersama UMKM industri fesyen lokal, contohnya gerakan Bersebelas #MelangkahBareng. 

“Ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat selama 2021. Hal ini terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun lalu,” tambah Nuraini. 

Kampanye diklaim ini telah membantu masyarakat di berbagai kota, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Makassar dan masih banyak lainnya, mendapatkan produk makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah.
 
 Walau pandemi masih berlangsung, semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan masih sangat tinggi. Sepanjang 2021, mereka mengaku telah mengumpulkan lebih dari Rp160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id