Proyek Folding@Home Ajak Gamer PC Analisis Virus Korona

    Cahyandaru Kuncorojati - 24 Maret 2020 16:08 WIB
    Proyek Folding@Home Ajak Gamer PC Analisis Virus Korona
    Simulasi riset molekul virus Korona. (Folding@Home)
    Jakarta: Dilaporkan kemarin bahwa superkomputer IBM yang punya ukuran dua kali lapangan bola basket digandeng pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan riset virus Korona atau Covid-19. Kini superkomputer tersebut punya pesaing baru.

    Di awal bulan Maret, NVIDIA sebagai produsen kartu grafis gaming populer menggelar kampanye. Mereka mengundang gamer PC di seluruh dunia meminjamkan tenaga prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU) untuk kecerdasan buatan yang akan melakukan riset virus Korona.

    Kampanye digagas oleh organisasi riset medis bernama Folding@Home. Jadi menggunakan aplikasi khusus, semua CPU dan GPU di belahan dunia bisa menyediakan pasokan tenaga untuk kecerdasan buatan di server organisasi tersebut melakukan riset mengenai virus.

    Dikutip dari PC Gamer, penggalangan dukungan teknologi jarak jauh tersebut kini sudah membuat server yang digunakan punya kemampuan sekelas superkomputer terhebat di dunia. Jadi server tersebut makin cepat dalam membuat simulasi penelitian molekul dari virus Korona.

    Diklaim bahwa proyek Folding@home ini sudah bisa menyajikan kemampuan superkomputer dengan performa kalkulasi hingga 470 petaflops. Superkomputer IBM Summit sendiri hanya memiliki kemampuan 330 petaflops.

    Kemampuan server ini tidak hanya digunakan oleh organisasi Folding@Home, tapi juga dimanfaatkan oleh tim medis atau perguruan tinggi program studi kesehatan di berbagai negara. Proyek yang tersedia bukan cuma virus Korona.

    Di situs Folding@Home tersedia pilihan bagi siapapun untuk mendukung riset berbagai jenis penyakit atau virus dengan meminjamkan kemampuan PC gaming mereka dari jarak jauh. Namun, organisasi tersebut juga ikut mengumumkan pesan waspada.

    Pihak Folding@Home menyatakan gamer harus waspada apabila menerima email serta aplikasi yang harus diunduh dengan menggunakan nama mereka. Email tersebut bisa berasal dari peretas yang ingin menyusupkan malware ke perangkat korbannya.

    Folding@Home tidak pernah mengirimkan email. Semua aplikasi dan instruksi untuk memberikan dukungan hanya tersedia di situs resmi mereka. Mereka juga tidak meminta uang atau bayaran lain kepada peserta proyek.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id