Penilaian DxOMark Soal Kamera iPhone SE (2020)

    Lufthi Anggraeni - 29 Juni 2020 16:08 WIB
    Penilaian DxOMark Soal Kamera iPhone SE (2020)
    DxOMark merilis hasil pengujiannya terhadap kamera iPhone SE generasi terbaru karya Apple.
    Jakarta: DxOMark baru saja merilis hasil pengujiannya dari kamera utama dan kamera depan iPhone SE (2020). Smartphone ini hadir dengan hardware kamera identik dengan iPhone XR, yaitu sensor kamera utama 12MP dengan aperture f/1.8, PDAF, OIS, dan zoom digital hingga lima kali.

    Mengutip GSM Arena, berdasarkan standar saat ini, setup tersebut merupakan setup paling dasar. Sedangkan kamera depan hadir dengan sensor beresolusi 7MP, didampingi aperture f/2.2 dan lensa dengan fokus tetap.

    Secara keseluruhan, iPhone SE (2020) disebut DxOMark menyuguhkan performa baik dalam kemampuannya mengukur eksposur dan kontras, berkat fitur HDR otomatis karya Apple. Performa ini dihadirkan kamera iPhone SE (2020) pada hasil foto di dalam dan di luar ruangan.

    DxOMark juga menyebut bahwa kamera iPhone SE generasi terbaru Apple ini berhasil menampilkan bagian gelap dan bayangan dengan baik, serta tampil unggul pada warna. Selain itu, DxOMark menyebut hasil foto menampilkan keseimbangan warna dan saturasi sempurna.

    Autofokus juga disebut unggul, cepat dan konsisten, meski ketajaman mengalami penurunan pada hasil foto dengan pencahayaan redup. Noise dan tekstur menjadi salah satu kelemahan yang ditemukan oleh DxOMark.

    Sensor 12MP saat ini menghadapi persaingan dari sensor beresolusi lebih tinggi, bahkan pada perangkat dengan harga lebih terjangkau, yang menggunakan teknologi pixel binning untuk mengurangi noise dan meningkatkan performa kamera saat memotret dalam kondisi pencahayaan redup.

    Noise dan kehilangan detail lebih terlihat pada hasil foto berkontras tinggi atau foto dalam ruangan. Foto hasil kamera belakang dan kamera depan tergolong baik, meski dinilai DxOMark tidak konsisten.

    Sementara itu, fotografi dalam pencahayaan redup disebut DxOMark bukanlah keunggulan iPhone SE (2020), dan Apple tidak membekali smartphone ini dengan dukungan mode Night.

    Sebelumnya, Apple kembali menutup 14 toko ritel tambahan di Florida, Amerika Serikat (AS), akibat peningkatan jumlah kasus Covid-19. Dari 18 toko berlokasi di Florida, hanya dua toko yang masih beroperasi, satu di Jacksonville, dan lainnya di Sarasota.

    Sementara itu pada ajang WWDC, Apple mengumumkan bahwa pada pekan ini, konsumen akan dapat menambahkan kunci mobil digital ke iPhone atau Apple Watch untuk membuka kunci secara nirkabel dan mengaktifkan mobil.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id