comscore

Satelit Satria I Diluncukan November 2023, Stasiun Bumi Mulai Dibangun

Rosa Anggreati - 19 Agustus 2021 11:30 WIB
Satelit Satria I Diluncukan November 2023, Stasiun Bumi Mulai Dibangun
Peletakan batu pertama pembangunan Stasiun Bumi Satria I dilakukan oleh Menkominfo Johnny G Plate pada Rabu, 18 Agustus 2021 (Foto:Dok.Metro TV)
Jakarta: Satelit Republik Indonesia (Satria) I akan diluncurkan pada November 2023. Stasiun Bumi mulai dibangun di Cikarang, Jawa Barat.

Peletakan batu pertama pembangunan Stasiun Bumi dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate pada Rabu, 18 Agustus 2021.
Selain di Cikarang nantinya akan dibangun 10 Stasiun Bumi sebagai ruang kendali satelit di seluruh Indonesia,  yaitu di Batam, Banjarmasin, Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manado, Manokwari, Timika, dan Jayapura.

"Satelit Satria I merupakan bentuk nyata upaya pemerintah melalui Kemenkominfo untuk menyediakan konektivitas yang inklusif dan merata hingga ke seluruh pelosok negeri, khususnya di wilayah terluar, tertinggal, terdepan (3T)," kata Menkominfo Johnny G Plate.

Satelit Satria I akan menyediakan kebutuhan akses internet dengan kapasitas 150 Gb per detik untuk melayani 150 ribu titik layanan publik.

Layanan tersebut meliputi 93.900 titik sekolah dan pesantren; 3.700 titik puskesmas, fasilitas kesehatan, dan rumah sakit; 3.900 titik layanan keamanan masyarakat di wilayah 3T; 47.900 titik kantor desa, kelurahan, kecamatan, dan pemerintahan daerah; serta 600 titik layanan publik lainnya.

Satelit Satria I Diluncukan November 2023, Stasiun Bumi Mulai Dibangun
Menkominfo Johnny G Plate

Dalam membangun komponen Satelit Satria I, pemerintah menggandeng Space X untuk menyediakan roket peluncur, untuk komponen pembuatan satelit disediakan oleh perusahaan asal Prancis Thales Alenia Space.

Sementara, untuk pembangunan sistem gateway jaringan Indonesia menggandeng perusahaan asal China, Great Wall Industry Corporation (CGWIC), bersama North West China Research Institute of Electronics Equipment (NWIEE).

Selain itu, ada juga keterlibatan perusahaan Kratos Defense & Security Solutions Inc asal Inggris, dan perusahaan asal Amerika Serikat HUGHES yang menjadi kontraktor untuk pembuatan IP Hub Satelit Satria I.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id