SES akan Meluncurkan O3b mPower pada Akhir Tahun 2021

    Lufthi Anggraeni - 22 September 2021 11:36 WIB
    SES akan Meluncurkan O3b mPower pada Akhir Tahun 2021
    Satelit sistem komunikasi O3b mPOWER direncanakan akan meluncur pada bulan Desember 2021.



    Jakarta: SES menegaskan akan peluncuran O3m mPower, dan pada tahap awal, konstelasi satelitnya akan terdiri dari sebelas satelit. Sebelumnya, SES menyebut sistem komunikasi O3b mPower terdiri dari konstelasi satelit dan infrastruktur darat yang ekstensif.

    “O3b cukup sukses pada industri satelit pada masanya dan membuat suatu pasar yang baru untuk dirinya. Sekarang dibangun berdasarkan sukses tersebut, SES saat ini akan meluncurkan generasi berikutnya dari konstelasi medium earth orbit kami yang disebut O3b mPower,” ujar Director of Sales SES Asia Tenggara Harsh Verma.

     



    Peluncuran tahap pertama dari konstelasi satelit sistem komunikasi O3b mPOWER akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021 alias akhir tahun ini. Pada tahap pertama akan diluncurkan tiga unit satelit.

    Saat ini, ketiga satelit itu masih berada di fasilitas satelit Boeing di El Segundo untuk pengujian tahap akhir. Sementara itu, peluncuran tahap kedua, juga dengan tiga satelit, akan dilakukan pada awal tahun 2022.

    Konstelasi yang terdiri dari enam satelit bersama tahap pertama tersebut, diharapkan akan siap beroperasi sepenuhnya dalam menghadirkan jangkauan global pada kuartal ketiga tahun 2022. Sedangkan peluncuran tahap ketiga dengan tiga satelit direncanakan pada semester kedua tahun 2022, dan tahap terakhir dengan dua satelit direncanakan pada semester kedua tahun 2024.

    SES juga menekankan bahwa sistem komunikasi O3b mPOWER menawarkan koneksi setara serat optik, serta dirancang untuk antara lain operator telekomunikasi, perusahaan besar lain, dan pemerintah.

    Konstelasi satelit dari sistem komunikasi O3b mPOWER ini diklaim mampu menghasilkan ribuan pancaran dinamis. Pancaran tersebut juga dapat diarahkan sehingga mampu menjangkau konsumen dan pengguna di berbagai belahan dunia; baik di darat, laut, maupun udara.

    Sistem komunikasi O3b mPOWER dini disebut mampu memberikan layanan koneksi dari 50 Mbps sampai beberapa Gbps per layanannya.

    Di wilayah Indonesia, salah satunya terlihat pada proyek yang diselenggarakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), untuk menghadirkan infrastruktur telekomunikasi di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

    Terkait proyek BAKTI, SES menyebutkan saat ini SES menyuguhkan koneksi sebesar 4Gbps kepada lebih dari 1.200 lokasi di Indonesia melalui SES-12. Namun, SES-12 merupakan satelit GEO (geosynchronous equatorial orbit) dan bukannya MEO seperti O3b dan O3b mPOWER.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id