Siaran Televisi Digital, Kominfo: Penyelengaraan Siaran Dilakukan Bertahap

    Cahyandaru Kuncorojati - 07 Juni 2021 11:16 WIB
    Siaran Televisi Digital, Kominfo: Penyelengaraan Siaran Dilakukan Bertahap
    Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi .



    Jakarta: Masih sesuai dengan rencana sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal terus mendorong migrasi siaran televisi analog ke televisi digital. Momentum ini bakal dimulai lewat pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) yang akan membuat siaran analog maupun pengguna dengan perangkat televisi analog tidak akan menerima tayangan atau siaran.

    Di siaran pers terbaru yang dirilis oleh Kominfo, Juru Bicara Kementerian Kominfo yaitu Dedy Permadi menyebutkan bahwa pelaksanaan teknis penghentian ASO atau digitalisasi penyiaran diatur melalui Permen Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

     



    Di dalamnya disebutkan bahwa ASO dilakukan secara bertahap menurut kesiapan daerahnya. Beberapa faktor yang mendasari kebijakan ini antara lain adalah praktik umum yang terjadi di dunia, masukan dari lembaga penyiaran, pertimbangan kesiapan industri, dan keterbatasan spektrum frekuensi radio

    Keterbatasan spektrum frekuensi disebut Kominfo sebagai faktor utama aASO dilakukan secara bertahap. Saat ini masih dilakukan penataan frekuensi antara siaran analog yang masih berjalan dan siaran digital yang mulai hadir, tujuan untuk proses adaptasi.

    Data dari Kominfo menyebutkan di Indonesia jumlah stasiun televisi mencapai 701 lembaga penyiaran sehingga di banyak daerah kepadatan siaran televisi analog membuat proses menuju ASO semakin rumit dan butuh waktu lebih panjang.

    Meskipun begitu Kominfo menetapkan proses ASO tidak boleh melewati batas waktu tanggal 2 November 2022. Tahapan ASO dibagi menjadi lima tahap berdasarkan wilayah yang tercantum rinciannya di dalam Lampiran IV Permen Kominfo Nomor 6 Tahun 2021.

    Kominfo menegaskan bahwa pelaksanaan ASO di setiap wilayah harus dilakukan serentak. Pada masa sebelum ASO selesai dilakukan maka siaran analog dan digital masih tersedia secara simulcast.

    Bagaimana masyarakat bisa mengakses siaran digital? Mereka yang masih mengandalkan televisi analog bisa memasang set top box (STB) yang sudah tersertifikasi Kementerian Kominfo dan dijual bebas di toko elektronik maupun marketplace online.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id