WhatsApp Buat Fitur Reverse Image Search

    Ellavie Ichlasa Amalia - 19 Maret 2019 15:01 WIB
    WhatsApp Buat Fitur Reverse Image Search
    WhatsApp buat fitur baru. (Photo by Manan VATSYAYANA / AFP)
    Jakarta: WhatsApp terus berusaha membuat fitur untuk mencegah penyebaran berita palsu. WABetaInfo melaporkan bahwa versi beta terbaru dari WhatsApp dilengkapi dengan peramban dalam aplikasi dan fitur reverse image search, yang memungkinkan Anda untuk mencari sumber sebuah gambar. 

    Fitur peramban dalam aplikasi memang tidak membantu banyak untuk memerangi berita palsu. Namun, fitur ini memang telah lama ditunggu.

    Disebutkan, WhatsApp akan melarang pengguna untuk mengambil screenshot atau merekam apa yang sedang mereka lakukan di peramban dalam aplikasi, lapor The Verge

    Fitur menarik lainnya yang akan WhatsApp tambahkan adalah reverse image search dengan Google. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari sumber dari gambar yang viral di grup WhatsApp atau menjadi bagian dari pesan berantai. 

    Untuk melakukan pencarian sumber gambar, Anda bisa memilih gambar yang hendak Anda cari sumbernya, unggah ke Google, dan melihat hasil dari gambar lain terkait yang muncul.

    Meskipun memang, untuk mengurangi penyebaran hoaks, pengguna juga harus memiliki kesadaran untuk mencari tahu apakah sebuah gambar memang valid atau tidak. 

    Saat ini, WhatsApp telah menawarkan berbagai fitur untuk memerangi hoaks dan berita palsu. Salah satunya adalah membatasi jumlah pesan yang bisa dilanjutkan (forward) dan melabeli pesan-pesan tersebut.

    Di India, penyebaran berita palsu di WhatsApp begitu meresahkan masyarakat sehingga menyebabkan kekerasan dan bahkan kematian di dunia nyata. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id