Instagram Bantah Sadap Percakapan via Mikrofon

    Ellavie Ichlasa Amalia - 26 Juni 2019 12:10 WIB
    Instagram Bantah Sadap Percakapan via Mikrofon
    Bos Instagram mengatakan aplikasinya tidak mencuri dengar percakapan. (Photo by LOIC VENANCE / AFP)
    Jakarta: Instagram tidak mendengarkan percakapan Anda, ungkap CEO Instagram, Adam Mosseri. Walau Anda mungkin melihat iklan terkait produk yang Anda bicarakan dengan teman tapi tidak pernah Anda cari di internet. 

    Dalam wawancara dengan CBS News, Mosseri berkata bahwa iklan yang muncul setelah Anda membahasnya di dunia nyata kemungkinan besar karena "kebetulan". Ini merupakan jawaban atas pertanyaan mengapa pengguna melihat iklan dari produk yang tidak pernah dia cari di Instagram. 
    Mosseri berkata, ini adalah pertanyaan yang sering diajukan padanya. Dia mengatakan, ada dua alasan mengapa hal ini terjadi, menurut laporan Digital Trends

    "Pertama, kebetulan, yang bisa terjadi. Kedua, Anda mungkin membahas sesuatu yang ada di pikiran Anda karena Anda belum lama melihat konten itu. Mungkin Anda memikirkannya di bawah alam sadar dan kemudian topik itu muncul. Saya rasa, hal ini sering terjadi dan hal ini sangat tidak terasa," kata Mosseri. 

    Meskipun Instagram tidak mendengarkan pembicaraan Anda melalui mikrofon ponsel, media sosial itu tetap menampilkan iklan tertarget.

    Itu artinya, Anda akan melihat iklan berdasarkan interaksi dan ketertarikan Anda di Instagram. Biasanya, iklan ini didasarkan pada akun yang Anda ikuti dan foto atau video yang Anda sukai atau komentari. 

    Instagram juga menggunakan data demografis dari perusahaan induknya, Facebook, untuk menentukan apa yang akan menarik minat Anda. Dengan begitu, Instagram bisa membagi para penggunanya ke dalam 52 ribu kategori. 

    Mengingat ada banyak data yang disimpan oleh media sosial, ini membuat para penggunanya terkadang khawatir aplikasi itu juga menggunakan mikrofon di ponsel untuk mencuri dengar percakapan pengguna di dunia nyata. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id