Pertama Kali dalam 15 Tahun, Saham AMD Salip Intel

    Cahyandaru Kuncorojati - 24 Juli 2020 12:11 WIB
    Pertama Kali dalam 15 Tahun, Saham AMD Salip Intel
    Prosesor AMD versus Intel. (Tech Radar)
    Jakarta: AMD patut berbangga dalam industri semikonduktor kategori CPU alias prosesor. Laporan bursa saham hari ini menyebutkan AMD untuk pertama kali selama 15 tahun berhasil menyalip nilai saham Intel.

    Namun kesuksesan kali ini bukan semata usaha AMD melainkan nilai saham Intel dilaporkan merosot. Nasib yang dialami Intel diakibatkan proses produsi yang terkendala sehingga sehingga menyudutkan posisi mereka di persaingan CPU.

    Dikutip dari MarketWatch, Intel mengalami kendala dalam proses produksi prosesornya yang diketahui sudah dialami beberapa tahun belakangan. Hal ini berdampak ke keterlambatan pengembangan prosesor berbasis fabrikasi 7nm.

    Rumor menyebutkan bahwa kehadiran CPU Intel fabrikasi 7nm baru akan terwujud paling lambat tahun 2022. AMD sendiri sudah memperkenalkan prosesor fabrikasi 7nm tahun ini lewat keluarga Ryzen 4000 Series. Berapa nilai saham AMD terhadap Intel hari ini?

    Selisihnya sangat tipis, nilai saham AMD disebut USD61,79 sementara Intel di angka USD61,57 saat pertama diumumkan semalam, dikutip dari Tom's Hardware. Meksipun begitu nilai perusahaan Intel tetap masih lebih besar yaitu USD260,79 miliar sementara AMD nilainya USD72,43 miliar.

    Tetap saja momentum ini membuat AMD semakin terlihat menjanjikan di mata investor. Bagi CEO AMD, Dr. Lisa Su hal ini semakin membuat kepempimpinannya dipuji. AMD diklaim banyak pisah tumbuh pesat dan jadi kompetitor serius bagi Intel maupun NVIDIA sejak dipegang Lisa Su.

    AMD baru saja mengumumkan jajaran prosesor desktop Ryzen 4000 G-Series untuk desktop. Konsumen masih menantikan kehadiran prosesor desktop mainstream Ryzen 4000 Series yang bakal jadi kompetitor serius Intel Generasi ke-10 desktop yang masih mengandalkan fabrikasi 14nm.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id