Update Sistem Pesawat Boeing 747 Masih Pakai Disket

    Cahyandaru Kuncorojati - 12 Agustus 2020 15:48 WIB
    Update Sistem Pesawat Boeing 747 Masih Pakai Disket
    Komponen untuk memasang disket pada kokpit pesawat Boeing 747-400. (Aerospace Village)
    Jakarta: Di era teknologi digital saat ini, penggunaan perangkat penyimpanan data berbasis disket atau floppy disk dinilai sudah sangat ketinggalan zaman. Faktanya, pesawat penumpang Boeing 747-400 ternyata masih menggunakan disket untuk melakukan update sistem atau software.

    Hal ini baru terungkap sekarang setelah peneliti keamanan siber dari Firma Pen Test Partnerts mendapatkan kesempatan untuk memasuki ruang kokpit dari pesawat Boeing 747-800 milik British Airways, Inggris.

    Dikutip dari The Verge, British Airways baru saja mempesiunkan seluruh armada pesawat jenis Boeing 747-800 yang dimiliki. Meskipun pesawat ini pertama kali dipasarkan Boeing pada tahun 1988, tapi keputusan perusahaan penerbangan disebabkan sepinya perjalanan akibat pandemi Covid-19.

    Update Sistem Pesawat Boeing 747 Masih Pakai Disket

    Di sini dijelaskan bahwa pesawat harus melakukan update sistem menggunakan disket model 3,5 inci setiap 28 hari sekali, Update sistem ini berkaitan dengan sistem navigasi dan lainnya yang dibutuhkan pesawat untuk bisa terbang.

    Jadi bayangkan, teknisi IT harus mengunjungi satu per satu pesawat Boeing 747-800 untuk melakukan update sistem secara manual menggunakan disket. Apabila terlewat maka dipastikan pesawat tidak bisa digunakan untuk terbang.

    Di setiap kunjungan teknisi untuk melakukan update sistem pesawat, mereka harus menggunakan delapan buah disket yang akan memperbarusi semua data di sistem pesawat. Kabarnya banyak dari pesawat Boeing 737 yang masih menggunakan disket untuk update sistem komponennya.

    Boeing bukan satu-satunya perusahaan yang masih menggunakan disket untuk teknologi pesawat. Di bulan Oktober tahun lalu, Kementerian Pertahanan Amerika Serikat baru saja berhenti menggunakan disket ukuran delapan inci untuk menyimpan koordinat peluncurkan roket nuklir yang disimpan.



    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id