AMD Ryzen Threadripper 3990X Resmi Muncul, Kecepatan Sampai 5,5GHz

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Februari 2020 14:22 WIB
    AMD Ryzen Threadripper 3990X Resmi Muncul, Kecepatan Sampai 5,5GHz
    Prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X.
    Jakarta: Pertarungan performa prosesor di kelas HEDT (High End Desktop) masih jadi kompetisi seru bagi AMD dan Intel. Namun, perusahaan yang dipimpin oleh Dr. Lisa Su jelas kerap berhasil menarik perhatian dan menerima pujian.

    Kabar terbaru dari AMD, prosesor Ryzen Trheadripper 3990X yang diperkenalkan pada CES 2020 bulan lalu kini sudah tersedia di pasar. Unit ini menjadi varian spesifikasi tertinggi dari keluarga AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga atau 3000 Series.

    AMD Ryzen Trheadripper 3990X diperkenalkan sebagai prosesor desktop pertama di dunia yang punya spesifikasi 64-core teknologi fabrikasi 7nm. Hal ini menjadi prosesor tersebut diklaim sebagai yang terbaik saat ini. Di luar negeri, prosesor ini dibanderol USD3.990 atau sekitar Rp54,6 juta.

    Prosesor ini diklaim AMD mampu memberikan performa terbaik untuk kebutuhan kreator konten profesional yang berkaitan dengan desain, misalnya aminasi tiga dimensi, raytracing VFX, dan pengolahan video resolusi 8K.

    Dalam pengujian performa menggunakan aplikasi Cinebench R20, AMD mengklaim skor Ryzen Trheadripper 3990X bisa mencapai 25.399 poin di mode single core.

    AMD Ryzen Trheadripper 3990X di atas kertas disebutkan mendukung TDP 280W dengan performa base frequency di 2,9Ghz dan boost frequency 4,3GHz. Dikabarkan sebelumnya bahwa prosesor ini hanya kompatibel dengan soket motherboard terbaru yaitu AMD TRX40.

    Menariknya, dua hari setelah dirilis ada pengguna yang berhasil membuat AMD Ryzen Trheadripper 3990X memecahkan rekor dunia dari segi performa. Dilaporkan Tom's Hardware, overclocker bernama Allen "Splave" Golibersuch berhasil memacu performa prosesor ini hingga 5,5GHz dan menjadi yang tercepat di dunia.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id