comscore

Pangsa pasar Dunia iOS Perlahan Kalahkan Android

Lufthi Anggraeni - 25 April 2022 12:33 WIB
Pangsa pasar Dunia iOS Perlahan Kalahkan Android
Pangsa pasar iOS di dunia dilaporkan perlahan mengalahkan Android.
Jakarta: Berdasarkan data dari Statista, StockApp menggarisbawahi bahwa pangsa pasar global Android mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir, dari 77,32 persen pada tahun 2018 menjadi 69,74 persen.

Mengutip Phone Arena, selama periode yang sama yaitu lima tahun, pangsa pasar iOS di pasar smartphone global meningkat dari 19,4 persen pada tahun 2018 menjadi 25,49 persen pada bulan Januari 2022 lalu.
Kombinasi persentase pangsa pasar Android dan iOS mencakup hampir 100 persen pasar, dan pada sejumlah bagan yang mendampingi informasi ini mencantumkan sejumlah sistem operasi yang pernah tersedia di pasar namun mungkin sulit ditemukan digunakan oleh pengguna di lingkungan sekitar.

Salah satu sistem operasi yang tercantum dalam daftar tersebut adalah KaiOS, platform berbasis Linux yang menghadirkan kemampuan serupa smartphone pada ponsel feature, termasuk kemampuan menginstal aplikasi.

Sistem operasi lain yang tercantum pada grafik bagian bawah termasuk Windows Phone, Tizen, dan Nokia S40. iOS memimpin pasar sistem operasi di wilayah Amerika Serikat, sedangkan Android mendominasi wilayah dilabeli sebagai wilayah berkembang.

Sebagai contoh di pasar Asia, Android memiliki pangsa pasar sebesar 81 persen, dan meningkat menjadi 90 persen di wilayah Amerika Selatan. Salah satu teori terkait peningkatan pangsa pasar iOS menyebut Apple telah mulai dapat merambah pasar berkembang berkat model iPhone SE berharga lebih terjangkau.

Namun hingga saat ini, penjualan iPhone berharga lebih terjangkau versi terbaru ini, disebut analis Apple kenamaan Ming-Chi Kuo, kurang beruntung. Namun tidak diragukan bahwa ekonomi di wilayah tertentu memainkan peran besar dalam menentukan sistem operasi yang lebih disukai di pasar tertentu.

Pangsa pasar Android di Afrika mencapai 84 persen dan 14 persen dimiliki oleh ponsel bersistem operasi iOS atau iPhone. Tidak mendominasi di pasar Eropa, pada benua tersebut Android dapat ditemukan pada 69,32 persen smartphone jika dibandingkan dengan pangsa pasar sebesar 30 persen yang diraih iOS.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id