Aplikasi ShareIt Diduga Punya Celah untuk Hacker

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 Februari 2021 11:14 WIB
    Aplikasi ShareIt Diduga Punya Celah untuk Hacker
    Ilustrasi.


    Jakarta: Aplikasi ShareIt pasti tidak awam bagi pengguna smartphone Android. Aplikasi berbagi data atau file yang diklaim lebih cepat dari proses lewat Bluetooth ini hadir sejak lama dan jadi aplikasi bawaan di beberapa merek smartphone.

    Laporan terbaru menyebutkan bahwa pengguna smartphone Android disarankan untuk menghapus aplikasi ShareIt karena ditemukan celah keamanan berbahaya.




    Kabarnya hacker bisa memanfaatkannya untuk membajak smartphone pengguna ShareIt. Dikutip dari Ars Technica, firma keamanan siber ternama Trend Micro merilis peringatan bahwa aplikasi berbagai file bernama ShareIt memiliki celah keamanan yang serius.

    Sayangnya, temuan ini disampaikan saat aplikasi ini sudah diunduh lebih dari miliaran kali di PlayStore. ShareIt juga sempat menjadi salah satu dari 10 aplikasi Android yang paling banyak diunduh pada tahun 2019, menurut App Annie.

    ShareIt sendiri menjadi aplikasi bawaan pada smartphone Lenovo. Jadi bisa diprediksi begitu banyak jumlah smartphone yang kini rentang menjadi korban pembajakan hacker lewat aplikasi tersebut.

    Celah keamanan di ShareIt dijelaskan memungkinkan hacker mengakses data sensitif pengguna di perangkat termasuk menjalankan perintah pemrograman untuk memasang aplikasi terselubung berbahaya hingga mengambil alih kendali perangkat korban.

    Hal ini disebabkan aplikasi ShareIt diberikan izin untuk bisa mengakses data atau storage di smartphone dan opsi untuk menghapus data di dalamnya. Pihak Trend Micro mengaku sudah melaporkannya ke pembuat aplikasi tiga bulan lalu namun belum ada patch terbaru untuk menambal celah keamanan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id