Guyonan 'Receh' di Twitter via #sawityowit

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 Mei 2019 21:36 WIB
    Guyonan 'Receh' di Twitter via #sawityowit
    Twitter.
    Jakarta: Media sosial saat ini tidak hanya digunakan untuk mengunggah kegiatan yang sedang dilakuan penggunanya. Di Indonesia, media sosial juga marak untuk mencari hiburan berupa guyonan "receh" atau yang setengah lucu tapi menarik untuk dibagikan.

    Di bulan Ramadan ini, di tengah kegiatan berpuasa biasanya semakin banyak yang menggunakan smartphone untuk mencari konten hiburan di jam luang. Salah satunya adalah dengan mengakses media sosial.

    Beberapa hari belakang, trending topic di Twitter sempat dihebohkan dengan tagar #sawiyowit. Bahkan di hari pertama puasa tagar ini sempat berada di puncak. Saat mengakses tagar tersebut, Medcom.id menemukan ternyata tagar #sawityowit berisi banyak guyon receh.

    Sebagian besar guyon tersebut berupa plesetan atau sebuah nama atau kata yang penulisan dan cara bacanya dibuat mirip. Menariknya ternyata banyak cuitan yang menggunakan tagar #sawityowit untuk bertanya maksud dari tren tagar tersebut.
     
     
    Penelusuruan Medcom.id dari berbagai sumber menyebutkan bahwa tren tagar #sawityowit berasal di tahun 2009 saat media sosial Twitter tengah populer. Tagar ini dipopulerkan sebagai saranan humor oleh tiga orang selebritis yaitu Desta, Vincent Rompies, Arie Dagienkz.

    Sawityowit sendiri merupakan akronim dari Sahur with Your Twitter. Dahulu, malam sebelum dini hari biasanya ketiga selebritis ini akan mengumumkan tema guyonan yang akan menggunakan tagar #sawityowit.

    Nantinya pada pukul 03.00 atau waktu sahur, pengguna Twitter akan membanjiri media sosial tersebut dengan guyonan yang dilengkapi tagar #sawityowit. Saat ini beberapa pengguna Twitter juga sempat menyebut akun Twitter ketiga penggagas tren ini untuk kembali menghidupkannya.
     

    Dari pemantauan, tagar #sawityowit kini tidak hanya berisi plesetan tapi juga meme lucu maupun video lucu. Berbeda dengan di tahun 2009 ketika meme belum populer seperti saat ini. Tagar berisi guyonan ini bukan yang satu-satunya populer.

    Bersamaan dengan tagar #sawityowit juga populer tagar dengan isi konten yang serupa yaitu #JokePuasaLawas. Banyak dari cuitan dua tagar di atas juga dilengkapi dengan tagar #ramadan dan #puasa. Dua tagar ini merupakan fitur buatan Twitter yang akan menampilkan emoji bertema Ramadan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id