Siap Gelar 5G, Telkomsel Perluas Jangkauan Teknologi VoLTE

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 Mei 2021 11:00 WIB
    Siap Gelar 5G, Telkomsel Perluas Jangkauan Teknologi VoLTE
    Ilustrasi. (Telkomsel)



    Jakarta: Kesiapan Telkomsel untuk mulai uji coba menggulirkan layanan 5G di Indonesia dibarengan dengan usaha untuk memindahkan basis layanan yang masih mengandalkan frekuensi jaringan 2G dan 3G ke 4G, misalnya layanan panggilan suara atau telepon.

    Satu teknologi yang disiapkan untuk hal tersebut adalah VoLTE atau Voice over LTE.Di pengumuman terbarunya Telkomsel menyatakan segera memperluas jangkauan VoLTE yang sudah tersedia di 48 kabupaten/ kota menjadi hingga 230 kabupaten/kota di Indonesia hingga akhir tahun 2021.

     



    “Perluasan ketersediaan akses dan pengembangan VoLTE menjadi salah satu perwujudan komitmen kami dalam mengedepankan prinsip customer-centric dengan menghadirkan teknologi jaringan terdepan melalui implementasi roadmap broadband terkini dan terbarukan, mengingat akselerasi adopsi gaya hidup digital yang semakin cepat dan dibutuhkan di tengah masyarakat,” ujar Direktur Network Telkomsel, Nugroho.

    Langkah ini juga didukung dengan kemitraan Telkomsel bersama sejumlah merek smartphone yang mencapai lebih dari 50 tipe smartphone untuk mendukung layanan VoLTE dari Telkomsel.

    “Pengembangan VoLTE juga menjadi bagian dari upaya Telkomsel sebagai leading digital telco company dalam memperkuat ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” tambah Nugroho.

    Telkomsel mengklaim saat ini sekitar satu juta pelanggan sudah menjadi pengguna aktif VoLTE. Jumlah ini ditargetkan Telkomsel meningkat signifikan seiring diperluasnya cakupan atau jangkauan layanan VoLTE tahun ini.

    Teknologi VoLTE menyediakan layanan panggilan atau telepon berbasis koneksi internet 4G yang memiliki sejumlah benefit seperti meyambungkan panggilan lebih cepat, kualitas suara HD alias kebih jernih, peralihan dari panggilan suara ke video call lebih lancar serta kemampuan untuk menelpon sambil menggunakan layanan data seperti akses internet atau bermain game secara bersamaan.

    Pelanggan harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu, di antaranya pelangga sudah menggunakan USIM 4G smartphone yang mendukung fitur VoLTE dengan sistem operasi (OS) terbaru, mengatur jaringan smartphone ke VoLTE, dan memastikan sudah berada di area coverage VoLTE.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id