WhatsApp Bersiap Kedatangan Fitur Reaksi

    Lufthi Anggraeni - 30 November 2021 16:25 WIB
    WhatsApp Bersiap Kedatangan Fitur Reaksi
    Meta dilaporkan bersiap untuk meluncurkan fitur reaksi serupa Facebook di WhatsApp.



    Jakarta: Salah satu perubahan besar yang dibuat Facebook pada beberapa tahun lalu adalah memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi pada unggahan di jejaring sosialnya. Hal ini artinya alih-alih hanya menyukai unggahan, pengguna dapat bereaksi dengan emoji.

    Mengutip Ubergizmo, ide memberikan reaksi dengan emoji seperti emoji tertawa, sedih, hati dan sebagainya ini memungkinkan pengguna lebih menyampaikan perasaan mereka tanpa perlu menyampaikannya melalui kata-kata.

     



    Kemampuan memberikan reaksi dengan emoji ini juga mengurangi rasa canggung saat seseorang mengunggah sesuatu yang menyedihkan dan pengguna tidak ingin bereaksi hanya dengan mengklik tombol Like.

    Kini, Meta bersiap menghadirkan fitur Facebook ini ke layanan komunikasi yang diakuisisinya pada tahun 2014 lalu. Ditemukan oleh WABetaInfo, versi beta terbaru WhatsApp mengungkap rencana Meta untuk menambahkan kemampuan agar pengguna dapat memberikan reaksi ke pesan.

    Hal ini berarti alih-alih membalas ke pesan dengan OK atau LOL, pengguna dapat bereaksi dengan cara yang sama dengan reaksi di unggahan Facebook. Sebagai informasi, platform pesan lain yang telah memiliki fitur ini, seperti Facebook Messenger dan Instagram.

    Kedua platform ini juga dinaungi oleh Meta, sehingga tidak mengejutkan jika fitur reaksi ini juga tersedia di WhatsApp. Sayangnya, belum tersedia informasi menyoal waktu perilisan fitur reaksi ini kepada pengguna secara luas, meski diperkirakan akan bergulir dalam waktu tidak terlalu jauh.

    Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan fitur Sticker Maker untuk layanan komunikasi versi Web dan Desktop. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp di perangkat Mac dan PC untuk membuat stiker tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

    Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna hanya perlu mengakses percakapan atau chat, kemudian mengetuk tombol lampiran yang diwakili oleh ikon penjepit kertas, dan memilih stiker dari opsi yang tersedia.
     
    Sementara itu, WhatsApp akhirnya meluncurkan aplikasi ini dalam versi beta setelah mengembangkan aplikasi desktop mandiri untuk perangkat bersistem operasi Windows selama beberapa waktu.
     
    Aplikasi WhatsApp versi desktop beta kini tersedia untuk diunduh dari toko aplikasi Microsoft Windows. Aplikasi ini berbasis Universal Windows Platform (UWP) dan notifikasi dapat berfungsi meski aplikasi dalam kondisi tertutup.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id