Mencicipi Jaringan 5G via Samsung Galaxy Note 10 di Korsel

    Lufthi Anggraeni - 20 September 2019 15:01 WIB
    Mencicipi Jaringan 5G via Samsung Galaxy Note 10 di Korsel
    Indikator sinyal menunjukkan koneksi internet 5G tersedia di Yongsan-gu, Korea Selatan.
    Seoul: Korea Selatan menjadi satu dari sejumlah negara pertama yang menggelar jaringan 5G secara komersial. Jaringan ini digadang sebagai jaringan dengan kecepatan tertinggi dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai tugas yang membutuhkan jaringan internet kencang.

    Mendukung peredaran jaringan ini, Samsung menghadirkan perangkat dengan dukungan jaringan 5G pada Galaxy Note 10 Plus 5G. Perangkat ini resmi diumumkan bersamaan dengan dua model lainnya, Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus.

    Samsung memberikan kesempatan kepada sejumlah wartawan mencicipi kecepatan jaringan 5G ini. Saat dicoba di daerah Myeongdong, kecepatan unduh jaringan 5G yang disuguhkan salah satu operator besar di Korea Selatan, SK Telecom, mencapai 500Mbps.

    Mencicipi Jaringan 5G via Samsung Galaxy Note 10 di Korsel

    Sayangnya, meski juga berada di pusat kota, saat diuji di daerah perbukitan cukup tinggi, seperti di sekitar Seoul Tower, jaringan 5G milik operator seluler SK Telecom hanya mampu menyuguhkan kecepatan unduh 176Mbps.

    Pada ketinggian lebih, jaringan ini tidak tertangkap oleh Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G. Hal ini dapat dimaklumi mengingat jaringan 5G memiliki cakupan wilayah jaringan yang tergolong sempit.

    Hal ini diamini oleh Product Marketing Samsung Electronics Indonesia M. Taufiq Furqan. Ia mengatakan jaringan 5G memang memiliki frekuensi lebih tinggi daripada teknologi generasi sebelumnya. Dengan frekuensi tinggi, berarti jangkauannya akan lebih kecil dan sulit menembus halangan.

    Di samping itu, Taufiq juga menekankan Samsung akan terus melakukan pengembangan pada teknologi 5G mereka. Samsung berencana menghadirkan model 5G terintegrasi dengan chipset. Saat ini modem 5G milik Samsung yaitu Exynos 5100, belum terintegrasi dengan chipset.

    Selain Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10, smartphone 5G pertama Samsung ini juga diumumkan bersamaan dengan Samsung Galaxy Fold. Sayangnya, akibat permasalahan yang keluhkan sejumlah media reviewer menyoal layar fleksibelnya, program pre-order dan pemasaran ponsel ini ditunda dan baru dilanjutkan pada awal bulan September lalu.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id