5 Hal Ini Bisa Menjadi Kriteria Saat Beli Ponsel untuk TikTok-an

    M Studio - 21 Juli 2021 20:13 WIB
    5 Hal Ini Bisa Menjadi Kriteria Saat Beli Ponsel untuk TikTok-an
    TikTok (Foto:AFP/Lionel Bonaventure)



    Jakarta: Salah satu kegiatan yang sekarang ini sangat diminati oleh banyak orang adalah membuat konten di media sosial, seperti TikTok maupun Instagram. Apalagi, sekarang orang-orang dianjurkan lebih baik di rumah saja selama pandemi.

    Salah satu kegiatan yang bisa mengobati kejenuhan karena di rumah saja adalah membuat konten video lucu-lucuan di beberapa media sosial yang sedang populer saat ini, yaitu TikTok.

     



    Agar anda bisa menghasilkan konten yang menarik, tentu saja harus dengan beragam macam cara proses sebelum akhirnya dipublikasikan ke publik melalui platform tersebut. Proses tersebut dimulai dari konsep, pengambilan video, editing, dan lain sebagainya.

    Supaya video yang Anda buat kualitasnya bagus, Anda perlu kamera ponsel yang bagus pula. Untungnya saat ini sudah banyak model ponsel yang punya kamera bagus namun harganya terjangkau.

    Nah, berikut ada tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih ponsel untuk dijadikan alat dalam membuat konten video kreatif.
     

    1. Perhatikan Kualitas Kamera


    Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa kamera adalah faktor terpenting dalam membuat konten video di TikTok.

    Salah satu karakter vital dalam sebuah kamera yang bagus untuk seorang content creator adalah letak pada sensor kamera yang mumpuni. Kenapa? Kita ambil contoh saja ponsel keluaran Apple. Kita semua tahu akan kehebatan kamera mereka, meskipun megapixel yang mereka miliki kecil tapi bicara soal kualitas ponsel mereka tidak kalah dengan Android yang memiliki pixel besar.

    Bila memakai Android minimal ponsel yang Anda gunakan untuk pembuatan konten memiliki sensor Sony yang keren dalam pengambilan gambar dan hasil yang didapatkan pun tentunya lebih memuaskan.

    Hal penting lainnya selain sensor adalah stabilization, aperture dan megapixel. Fitur stabilization ini penting terutama untuk anda yang akan memanfaatkan ponsel pintar untuk kebutuhan pembuatan video di TikTok. Karena dengan adanya fitur stabilization ini, Anda dapat mengambil video dengan baik atau tidak akan ngeblur meskipun tangan bergoyang. Fitur ini sangat penting agar hasil rekaman menjadi lebih tajam dan mulus. Oleh karena itu pilihlah ponsel pintar yang memiliki kamera dengan fitur OIS dan EIS.

    Fitur penting berikutnya adalah megapixel. Nama ini tentu saja sudah tidak asing lagi. Intinya pada fitur ini semakin besar megapixel, maka Akan bisa menghasilkan rekaman video yang semakin baik. Dengan megapixel yang besar, Anda bisa menghasilkan video dengan kualitas yang lebih tajam.

    Salah satu ponsel yang cocok untuk kebutuhan pembuatan konten video di TikTok adalah ponsel keluaran Vivo yaitu hp vivo y12 yang memiliki kamera depan 8MP dan kamera belakang 13MP+2MP.

    Bahkan, ponsel keluaran Vivo ini memiliki aperture berkualitas baik yaitu aperture depan f/2.0 (16MP), dan belakang f/2.2 (13MP) + f/2.4 (2MP). Apalagi harga ponsel ini pun dibanderol relatif murah dengan kisaran di bawah Rp2 jutaan.  Anda bisa cek harganya atau membelinya dengan mudah lewat website Blibli.


    2. Kapasitas RAM & ROM


    Hal penting lainnya adalah kapasitas RAM. RAM  berfungsi untuk menjalankan beragam aplikasi. Semakin tinggi kapasitas RAM, maka semakin ponsel tersebut lancar digunakan ketika menjalankan beragam aplikasi secara bersamaan.

    Minimal Anda harus memilih ponsel dengan kapasitas RAM 1GB dan tentu saja kapasitas lebih besar akan lebih baik. Hp Vivo Y12, misalnya. Ia memiliki harga relatif murah di bawah Rp 2 jutaan di website Blibli. Tapi, ponsel ini juga memiliki dua varian RAM dan ROM yang besar, yaitu 3GB/32GB dan 4GB/64GB.

    Dengan kapasitas tersebut anda bisa leluasa meng-install beragam aplikasi untuk kebutuhan content creator seperti Tiktok dan Instagram serta aplikasi editing video.
     

    3. Layar atau Display Besar


    Hal penting lainnya adalah layar. Agar memaksimalkan output informasi dari ponsel Anda maka disarankan layar ponsel memiliki teknologi layar terbaik misalnya saja IPS, Super Amoled atau TFT.

    Namun yang terpenting adalah resolusi layar. Anda harus mencari ponsel dengan minimal resolusi layar 6,35 inci dan rasio layar 19,3:9 dengan desain Ultra All Screen, seperti yang dimiliki hp Vivo Y12.
     

    4. Kapasitas Baterai


    Untuk mencegah hp tiba-tiba kehabisan daya ketika Anda sedang membuat konten, maka pilihlah ponsel dengan kapasitas baterai minimal 2500 mAh. Lebih baik lagi jika Anda memilih hp dengan kapasitas baterai di atas 3000 mAh seperti hp Vivo Y12 yang memiliki kapasitas baterai 5000 mAh.

    Yang tak kalah penting dalam baterai hp adalah memiliki fitur fast charging agar proses pengisian baterai lebih cepat dan tidak membuang waktu banyak. Misalnya, seperti fast charging 10W yang dimiliki hp Vivo y12.
     

    5. Pilih Chipset Berkualitas


    Inilah hal yang paling inti dari ponsel yang perlu Anda perhatikan. Anda disarankan untuk memilih ponsel dengan seri chipset tertinggi. Contohnya, untuk Qualcomm Snapdragon yang berada di kelas low biasanya seri yang dimiliki antara 200 atau 400. Sedangkan untuk kelas menengah menggunakan seri lebih tinggi, yaitu 600. Untuk kelas high level menggunakan seri lebih tinggi lagi, yaitu 800.

    Pilih juga prosesor yang digunakan dengan clock speed minimal 1 Ghz. Tentunya lebih tinggi justru lebih baik. Dari sisi arsitektur juga sangat penting memilih yang modern dan baru, misalnya Cortex A53, ARMv8, Cortex A57, dan arsitektur lainnya.

    Nah, itulah tadi beberapa spesifikasi utama yang perlu Anda perhatikan jika ingin membeli ponsel baru untuk membuat konten kreatif. Pastikan juga sesuai kebutuhan dan budget Anda, ya!
     

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id