Sony Umumkan Xperia 1 III dan 5 III, Layar 120Hz

    Lufthi Anggraeni - 17 April 2021 10:22 WIB
    Sony Umumkan Xperia 1 III dan 5 III, Layar 120Hz
    Sony mengumumkan Xperia 1 III dan Xperia 5 III.



    Jakarta: Sony memperkenalkan tiga smartphone baru, dengan dua di antaranya merupakan ponsel unggulan yaitu Xperia 1 III dan Xperia 5 III. Sony Xperia 5 III ditujukan untuk pengguna yang ingin ponsel berukuran lebih ringkas tanpa mengorbankan pengalaman pengguna menyenangkan.

    Mengutip GSM Arena, kedua ponsel berbekal kamera telefoto variabel yang dapat beralih antara 70mm dan 105mm, setara dengan zoom optikal 2,9x dan 4,4x. Kamera ini menggunakan sensor Sony 1/2.9 inci 12MP dengan f/2.3 atau f/2.8, bergantung pada panjang fokal yang digunakan dan optical image stabilization (OIS).






    Sedangkan zoom digital pada smartphone ini dapat mencapai setara dengan 300mm, dibandingkan kemampuan setara 200mm milik Xperia 1 II dan 5 II, dan Sony menyebutnya sebagai zoom resolusi super AI.

    Kamera utama smartphone tersebut menggunakan sensori 12MP 1/1.7 inci, didampingi oleh lensa OIS f/1.7 dengan kamera ultrawide 12MP 1/2.6inci, aperture f/2.2 dan autofokus, yang tidak umum ditemukan pada lensa ultrawide pendukung smartphone unggulan.

    Untuk performa kamera optimal, Sony menghadirkan dukungan lensa Zeiss dengan T Coating. Software tambahan hadir dengan Eye EF real-time, melengkapi Eye AF yang telah tersedia dan dapat dimanfaatkan untuk memotret hewan dan manusia.

    Selain itu, smartphone Sony ini juga didukung Optical SteadyShot dan perekaman 4K 120fps. Sementara itu, Sony masih mempertahankan kamera depan yang diusung smartphone generasi sebelumnya, yaitu sensor 8MP.

    Satu-satunya perbedaan antara Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III dengan generasi sebelumnya adalah penggunaan kamera 3D ToF, yang secara eksklusif tersedia pada Xperia 1 III. Hal ini berarti Xperia 1 II juga mendukung pelacakan autofokus mata real-time, meski Xperia 5 III juga berbekal Eye AF real-time.

    Dengan kamera hampir serupa antara dua smartphone unggulan terbaru Sony ini, perbedaan antara Xperia 1 III dan Xperia 5 III terletak pada layar perangkat ini. Xperia 1 III dengan ukuran layar lebih besar menggunakan panel OLED 4K 6,5 inci dengan aspek rasio 21:9 sinematik.

    Selain itu, layar Sony Xperia 1 III mampu menjalankan konten pada 120Hz dan menampilkan konten HDR. Layar Sony Xperia 5 III juga berbekal refresh rate 120Hz, namun pada layar berukuran lebih kecil, dengan panel OLED 6,1 inci, beresolusi Full HD, rasio aspek 21:9 dan dukungan HDR.

    Kedua ponsel ini didukung chipset Qualcomm Snapdragon 888, namun Xperia 1 III berbekal RAM 12GB dan ruang penyimpanan internal 256GB atau 512GB, sedangkan Xperia 5 III hadir dengan kombinasi RAM dan ruang penyimpanan internal 8GB/128GB dan 8GB/256GB.

    Kedua ponsel berbekal slot SIM ganda hibrida, memungkinkan pengguna menambahkan ruang penyimpanan via kartu microSD di salah satu slot. Keduanya juga berbekal kapasitas baterai serupa yaitu 4.500mAH, dengan dukungan pengisian daya cepat 30W.

    Sony menjanjikan baterai kedua ponsel ini mampu terisi hingga 50 persen dalam waktu 30 menit dan daya tahan penggunaan baterai selama tiga tahun. Xperia 1 III berbekal kemampuan pengisian daya nirkabel, namun tidak demikian dengan Xperia 5 III.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id