comscore

Garmin: Pengguna Indonesia Punya Tingkat Stres Rendah

Lufthi Anggraeni - 24 Desember 2020 10:02 WIB
Garmin: Pengguna Indonesia Punya Tingkat Stres Rendah
Garmin merilis laporan kondisi kesehatan penggunanya di wilayah Asia selama pandemik Covid-19.
Jakarta: Garmin merilis laporan bertajuk Data Kesehatan 2020 Pengguna di Asia, mengintegrasikan data pengguna secara anonim melalui fitur pemantauan kesehatan selama 24 jam. Melalui data ini, Garmin mengamati aktivitas fisik pengguna di Asia termasuk di Indonesia.

Pengamatan ini ditujukan untuk menghadirkan gambaran terkait kondisi kesehatan masyarakat selama pandemi.
Pada kategori tingkat stres, laporan Garmin menyebut bahwa selama pandemi Covid-19 dan pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), tingkat stress pengguna di Indonesia berada pada urutan ketiga terendah dibandingkan dengan negara lain di Asia.

Dengan demikian, pandemi dan PSBB tidak lantas membuat tingkat stress masyarakat Indonesia meningkat, khususnya perempuan di Indonesia dengan tingkat stres di bawah 20, menjadi yang terendah dibandingkan dengan seluruh pengguna Garmin di negara Asia lainnya.

Sedangkan pada kategori Deep Sleep, Garmin menemukan bahwa rata-rata fase tidur perempuan di Indonesia cukup baik jika dibandingkan dengan negara lain di Asia, hampir selama 70 menit. Sementara itu, pengguna Garmin laki-laki di Indonesia mencatatkan deep sleep cukup rendah, di atas 50 menit.

Selain di Indonesia, tingkat deep sleep pengguna Garmin perempuan di Asia lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengguna laki-laki. Hal ini terkait dengan tingkat pengelolaan stress laki-laki yang belum sebaik perempuan, seperti yang disampaikan oleh penelitian karya Bixler et.el.

Pada kategori intensitas aktivitas fisik, Garmin memanfaatkan data Intensity Minutes termasuk via Garmin Connect. Berdasarkan data di kawasan Asia, intensitas aktivitas fisik pengguna laki-laki lebih tinggi jika dibanding dengan perempuan.

Untuk wilayah Indonesia, intensitas aktivitas fisik pengguna laki-laki berada di urutan terendah jika dibanding dengan pengguna laki-laki di Asia. Sedangkan, pengguna perempuan di Indonesia menempati posisi keenam di Asia.

Sebagai informasi, Data ini diperoleh saat smartwatch Garmin mendeteksi aktivitas fisik dengan intensitas tertentu yang berlangsung selama lebih dari 10 menit berdasarkan detak jantung pengguna. Data tersebut kemudian diolah sebagai bahan evaluasi terkait pencapaian intensitas latihan mingguan sesuai standar WHO.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id