Microsoft Capai Prestasi Baru Selama Pandemi

    Lufthi Anggraeni - 24 Juli 2020 14:42 WIB
    Microsoft Capai Prestasi Baru Selama Pandemi
    Laporan pendapatan Microsoft menampilkan peningkatan pendapatan yang diperolehnya selama pandemi.
    Jakarta: Microsoft mengunggah laporan pendapatan kuartal keempat fiskal, mengalahkan ekspektasi Wall Street baik dalam hal penjualan maupun keuntungan selama tiga periode bulan terakhir, di tengah ketidakpastian ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19.

    Mengutip The Verge, laporan pendapatan ini menampilkan bahwa berbagai divisi di Microsoft mendapatkan manfaat dari efek pandemi, akibat peralihan ke metode kerja dari jarak jauh.

    Selain itu, Microsoft juga mendapat keuntungan dari semakin tingginya masyarakat memanfaatkan gaming, konferensi video dan aktivitas virtual lain untuk mendukung aktivitas selama berdiam diri di rumah.

    CEO Microsoft Satya Nadella menjelaskan bahwa selama lima bulan terakhir, intensitas teknologi menjadi kunci ketahanan bisnis. Organisasi yang membangun kapabilitas digital mereka disebut Nadella akan pulih dalam waktu lebih cepat dan menjadi lebih kuat setelah krisis akibat pandemi ini berakhir.

    Nadella mengklaim bahwa Microsoft berada dalam posisi unik karena mampu membantu setiap organisasi bertransformasi dan melakukan konfigurasi ulang menyoal upaya dalam memenuhi kebutuhan konsumen, atau dengan kata lain mendukung metode kerja jarak jauh di kehidupan nyata.

    Microsoft dilaporkan memperoleh pendapatan sebesar USD38 miliar (Rp557,5 triliun) selama tiga bulan terakhir, meningkat 13 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019 lalu. Dari jumlah tersebut, sebesar USD11,2 miliar (Rp164,2 triliun) merupakan keuntungan, meningkat lima persen dari tahun sebelumnya.

    Laporan ini menggarisbawahi bahwa bisnis Microsoft mengalami peningkatan signifikan, berkat pertumbuhan besar di sektor komputasi awan serta peningkatan signifikan dalam pendapatan yang diperoleh oleh Surface dan Xbox.

    Sektor Intelligent Cloud Microsoft berkontribusi sebesar USD13,4 miliar (Rp196,5 triliun) selama periode tersebut, meningkat 17 persen jika dibandingkan tahun 2019. Sebagian besar peningkatan ini didorong oleh platform Microsoft Azure, yang meningkat hampir sebesar 50 persen.

    Secara lebih jauh, Chief Financial Officer Microsoft Amy Hood menjelaskan bahwa cloud komersial perusahaannya melampaui USD50 miliar (Rp732,9 triliun) dalam pendapatan tahunan untuk pertama kalinya pada tahun 2020 ini.

    Dan pada kuartal yang dilaporkan Microsoft dalam laporan pendapatannya, pemesanan layanan cloud komersial perusahaan berbasis di Redmond, Washington, Amerika Serikat ini lebih baik jika dibandingkan dengan prediksi sebelumnya, meningkat 12 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

    Sementara itu menyoal Surface dan Xbox, keduanya memang bukanlah kontributor terbesar dalam pendapatan Microsoft seperti Azure atau divisi Office dan Windows, namun keduanya dilaporkan mengalami pertumbuhan baik.

    Microsoft menyebut bahwa pendapatan Surface meningkat hampir 30 persen dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id