MediaTek Siap Menyambut Indonesia Menuju 5G

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 September 2020 15:49 WIB
    MediaTek Siap Menyambut Indonesia Menuju 5G
    Chipset 5G MediaTek Dimensity.
    Jakarta: Beberapa bulan belakangan MediaTek rajin memperkenalkan chipset terbarunya yang menawarkan inovasi teknologi 5G yang bisa diakses oleh siapapun. Di sebuah sesi bincang santai secara daring, MediaTek mengaku berkomitmen mendukung Indonesia menuju 5G.

    Technical Account Manager APAC MediaTek, Chinlin Low menyatakan sudah melihat kesiapain Indonesia menuju 5G dari sisi operator telekomunikasi. Dia mengetahui bahwa para operator seluler sudah menggelar uji jaringan 5G sejak 2018.

    "Apa yang kami lihat adalah operator sudah bekerja dengan keras untuk jaringan 5G. Kami lihat operator sudah siap untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Kami sudah beberapa kali berkomunikasi dengan pihak operator, dan tampaknya mereka sudah siap," tutur Low.

    Dia menilai masalah di Indonesia adalah spektrum jaringan yang ditujukan untuk 5G masih berbenturan dengan jaringan yang sudah ada. Namun Low tetap optimistis dan memprediksi 5G di Indonesia akan segera berfungsi dalam waktu dekat.

    "Menurut kami Indonesia siap menggelar 5G pada 2024 mendatang. Tapi, yang tahu kepastian kapan jaringan ini siap untuk dijalankan seutuhnya, yang tahu hanyalah pemerintah," ujarnya. Mediatek telah memperkenalan jajaran chipset 5G darii seri Dimensity.

    MediaTek Dimensity menyediakan tkenologi 5G 2CC CA yang diklaim menawarkan 30 persen jangauan high speed 5G dan dua kali double speed dibandingkan teknologi 5G 1CC serta bisa menyediakan kecepatan download hingga 4,7Gbps dan upload mencapai 2,5Gbps.

    MediaTek sendiri telah menyuplai chipset 5G untuk gadget tidak hanya di segmen premium tapi juga kelas menengah sehingga bisa diakses banyak orang. Tidak cuma di perangkat seperti smartphone, MediaTek juga menyediakana chipset 5G untuk perangkat IoT (Internet of Things).

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id