comscore

Samsung Rilis Patch Keamanan di Modem Qualcomm

Lufthi Anggraeni - 11 Mei 2021 10:59 WIB
Samsung Rilis Patch Keamanan di Modem Qualcomm
Samsung mengumumkan telah mengetahui kerentanan pada modem Qualcomm dan merilis patch keamanan.
Jakarta: Beberapa hari lalu, Check Point Research mengumumkan kerentanan pada modem Qualcomm, memungkinkan penyerang mendengarkan panggilan telepon, membaca pesan teks dan lainnya.

Kini, Samsung mengumumkan bahwa pihaknya telah mengetahui kerentanan tersebut dan telah merilis patch keamanan untuk sejumlah perangkatnya. Samsung telah menggulirkan patch untuk sejumlah perangkat Galaxy dengan dukungan Qualcomm sejak bulan Januari lalu.
Sayangnya, Samsung tidak mengumumkan secara spesifik model yang menerima patch keamanan tersebut. Mengutip GSM Arena, sebagian besar perangkat Galaxy lain akan lebih aman setelah patch tanggal 1 Mei 2021 terpasang.

Kerentanan yang disebutkan pada laporan Check Point Research itu bertajuk CVE 2020-11292. Kerentanan ini tidak disebutkan pada Android Security Bulletin AOSP untuk bulan Mei, namun merupakan bagian dari update keamanan Samsung untuk bulan Mei.

Sebelumnya, Check Point Research, Qualcomm melaporkan bahwa kerentanan ini terdapat pada Mobile Station Modem (MSM), yang memungkinkannya untuk dieksploitasi oleh peretas dan digunakan untuk merekam panggilan telepon dan lainnya.

Sebagai informasi, MSM sudah ada sejak awal tahun 1990-an dan digunakan pada perangkat 2G, 3G, 4G dan bahkan 5G, serta menghadirkan kerentanan serius memungkinkannya diretas dari jarak jauh semudah mengirim pesan SMS.

Dengan demikian, peretas akan dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk menyisipkan kode berbahaya ke dalam mode dari perangkat Android. Kode ini memungkinkan pelaku tindak kejahatan untuk mendengarkan panggilan, membaca pesan teks.

Bahkan, kerentanan ini juga dapat memberikan akses kepada peretas dalam membuka kunci kartu SIM, sehingga dapat memperoleh jalan pintas dari batasan yang diterapkan oleh penyedia layanan seluler.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id