Cara NVIDIA Maksimalkan AI untuk Live Streaming

    Mohammad Mamduh - 23 Oktober 2020 12:36 WIB
    Cara NVIDIA Maksimalkan AI untuk Live Streaming
    NVIDIA Broadcast
    Jakarta: Game streaming kini menjadi salah satu aktivitas yang cukup ramai diminati, terutama saat pandemi Covid-19 merebak.

    Data pendukung fenomena ini adalah hasil riset Stream Elements, yang menyebutkan peningkatan trafik terhadap layanan streaming game seperti Twitch hingga 56 persen di kuartal kedua dibanding kuartal pertama 2020, dengan total mencapai lima miliar jam.

    Facebook Gaming juga demikian, terdapat peningkatan pertumbuhan hingga 200 persen dari tahun ke tahun. NVIDIA melihat fenomena ini sebagai cara mereka untuk memaksimalkan kemampuan kecerdasan buatan atau AI untuk para streamer lewat NVIDIA Broadcast. Aplikasi ini sudah bisa diunduh via situs resmi mereka.

    NVIDIA Broadcast merupakan aplikasi yang mampu menyulap sebuah ruangan biasa menjadi studio untuk streaming, caranya dengan mengubah perangkat seperti webcam dan mikrofon menjadi lebih pintar. Setidaknya ada tiga fitur yang ditawarkan NVIDIA Broadcast, yang pertama adalah Noise Removal.

    Fitur ini dapat menghapus suara lain yang tak sengaja masuk ke mikrofon, mulai dari bunyi bel, bahkan sampai bunyi tombol keyboard mekanik yang sedang ditekan. Fitur ini langsung aktif hanya dengan mengklik tab mikrofon dan menggeser indikator Noise Removal.

    Virtual Background merupakan fitur kedua yang ditawarkan NVIDIA Broadcast. Selain dapat mengganti latar belakang, ia juga dapat memanfaatkan AI untuk mengaburkan semua objek yang ada di belakang streamer.

    Cara NVIDIA Maksimalkan AI untuk Live Streaming
     
    Intensitas efek blur ini juga dapat diatur, mulai dari sedikit hingga benar-benar buram. Ini bisa menjadi solusi untuk streamer yang belum memiliki green screen dan ingin menciptakan latar yang lebih simpel.

    Fitur ketiga yang canggih adalah Auto Frame. Memanfaatkan kecerdasan buatan, webcam dapat mengikuti pergerakan kepala streamer saat zoom. Webcam akan memastikan kepala tetap berada di tengah kamera, terlepas dari streamer bergerak ke kiri atau ke kanan meninggalkan wilayah zoom webcam. Fitur ini seperti saat Anda punya kameramen sendiri.

    Selain untuk game streaming, NVIDIA Broadcast juga dipakai untuk keperluan lain, seperti konferensi video saat bekerja, atau mengadakan rapat terbatas dengan Zoom. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda setidaknya menggunakan kartu grafis NVIDIA RTX 20 Series atau RTX 30 Series.

    Untuk mengetahui lebih jauh, Anda bisa mengunduhnya di halaman resmi NVIDIA, dan mengikuti panduan yang telah tersedia.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id