Huawei Tampilkan EMUI 11, Apa Saja yang Baru?

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 September 2020 09:30 WIB
    Huawei Tampilkan EMUI 11, Apa Saja yang Baru?
    Acara Huawei Developer Conference 2020
    Jakarta: Dalam acara Huawei Developer Conference 2020, Huawei juga mengumumkan pembaruan antarmuka smartphone EMUI 11.

    Update yang sejatinya merupakan pengembangan dari Android 11 ini mendapatkan beberapa perbedaan yang layak untuk dilihat saat bergulir nantinya. Seperti yang sudah kita ketahui, banyak faktor yang membuat Huawei harus mengubah strategi mereka di industri smartphone.

    Mengacu dari presentasi yang disampaikan pihak Huawei, EMUI 11 masih membenamkan banyak elemen dari Android 10, bisa dibilang seperti Android 10+ atau secara sederhana, EMUI 10.5. Namun, Huawei berhasil menanamkan beberapa pengaturan yang baru tersedia untuk Android 11. 

    Ada beberapa fitur yang ingin ditekankan pada EMUI 11, seperti fungsi Always-on Display, antarmuka AppGallery yang diperbarui, pengaturan sumber audio yang lebih disederhanakan, dan dukungan berbagi data secara cepat dengan laptop dan tablet Huawei.

    Huawei juga menyebut EMUI 11 mendapatkan peningkatan dari aspek privasi dan keamanan. Salah satu contoh privasi yang ditingkatkan adalah saat ponsel Huawei memproyeksikan visual lewat proyektor atau perangkat lainnya.

    Beberapa notifikasi pribadi seperti chat aplikasi atau panggilan telepon tidak akan tampil pada visual proyektor. Ini berarti Anda tidak akan terganggu saat melakukan presentasi atau aktivitas lain. 

    Pengoperasian antar perangkat juga akan lebih fleksibel dengan dukungan multi-window dan responsivitas layar yang lebih baik. Versi beta EMUI 11 ditargetkan tersedia untuk seri P40 dan Mate 30 terlebih dahulu, dan belum ada kepastian tanggal peluncurannya. 

    Belum diketahui juga apakah antarmuka ini akan tersedia untuk jajaran smartphone yang masih mendukung GMS, seperti P30 Pro dan Mate 20 Pro, mengingat lisensi terhadap GMS telah kadaluarsa.

    Namun, dipastikan Huawei masih akan mengembangkan EMUI 11, seiring dengan akses AOSP untuk Android 11 sudah dibuka untuk mereka, meskipun tak lebih awal. 

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id