Ini Inisiatif yang Muncul di Twitter Selama Pandemik Covid-19

    Lufthi Anggraeni - 24 April 2020 13:18 WIB
    Ini Inisiatif yang Muncul di Twitter Selama Pandemik Covid-19
    Twitter mengumumkan rangkuman Inisiatif yang muncul di platformnya selama periode pandemik COVID-19
    Jakarta: Twitter mengumumkan hasil pengamatan terkait dengan inisiatif yang muncul selama periode pandemik Covid-19. Twitter menyebut dampak penerapan jaga jarak sosial menjadi penyebab kemunculan inisiatif tersebut.

    Twitter merakum inisiatif kepedulian terhadap sesama yang terjadi di platform miliknya ini selama periode pandemi dan menjelang bulan Ramadan 1441 H ke dalam empat inisiatif, termasuk inisiatif memberikan makanan dan sumbangan untuk pengemudi transportasi online.

    Inisiatif ini muncul saat pemerintah mulai mengimbau penerapan karantina mandiri dalam menghadapi pandemi Covid-19. Raden Rauf menjadi satu satu akun yang menyuarakan dukungan terhadap inisiatif ini di Twitter.

    Dalam menyukseskan niat baik ini, Raden memanfaatkan platform Twitter mengajak pengikut akunnya untuk berbagi berkah dan meringankan beban pengemudi transportasi online. Inisiatif lainnya adalah membuat alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga kesehatan.

    Inisiatif ini didorong oleh salah satu pengguna Twitter, yaitu Budhi Hermanto, menggandeng sejumlah penjahit rumahan bernama Majelis Mau Jahit untuk membuat dan mendistribusikan Alat Perlindungan Diri (APD) secara gratis kepada tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

    Tidak hanya Budi, pengguna Twitter lain yaitu Linda Beauty K juga melakukan penggalangan dana untuk membuat APD melalui usaha konveksinya, Tulip Craft. Via Twitter, Linda mengajak masyarakat untuk berdonasi guna memperlancar produksi APD dan dibagikan kepada rumah sakit yang membutuhkan.

    Sedangkan dr. Ferdiriva Hamzah (@ferdiriva), dokter mata sekaligus penulis, juga menggunakan Twitter untuk mempromosikan kampanye penggalangan dana yang diinisiasi oleh Adib Hidayat. Sebagai informasi, Adib Hidayat juga merupakan penulis serta pengamat musik.

    Hasil donasi ini diberikan bagi para tenaga medis yang menangani Covid-19 di 110 rumah sakit dan puskesmas di Indonesia. Selain itu, inisiatif lain yang tercatat oleh Twitter selama periode pandemi ini adalah Donasi bagi IbuTunggal.

    Inisiatif ini digaungkan oleh komunitas Single Moms Indonesia dan diinisiasi oleh Maureen Hitipeuw, yang berkomitmen untuk mendukung ibu tunggal yang bekerja keras menghidupi keluarga mereka. Komunitas Single Moms Indonesia menggalang dana untuk disalurkan kepada para ibu tunggal yang membutuhkan.

    Tidak hanya komunitas ini, inisiatif Donasi bagi IbuTunggal ini juga mendapatkan dukungan dari sejumlah tokoh  perempuan seperti konsultan keuangan Ligwina Hananto dan penulis Uly Siregar. Inisiatif lainnya yaitu bantuan bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

    Twitter menyebut pengguna berbondong-bondong melakukan retweet untuk mempromosikan usaha masyarakat yang diunggah ke platformnya. Hal ini mendorong usaha yang kini menjadi sumber pendapatan satu-satunya bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan ini diketahui banyak pihak dan berakhir pada transaksi.

    Di masa krisis ini, Twitter berkomitmen untuk menyampaikan pesan dan memastikan masyarakat mendapatkan akses informasi terkini dari sumber informasi resmi terpercaya.

    Twitter telah meluncurkan fitur Event page Covid-19 Indonesia untuk memberikan informasi resmi dan terpercaya mengenai Covid-19 secara langsung dari lembaga pemerintah, pejabat pemerintah, masyarakat sipil, serta media.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id