Malware Cerberus Bisa Bobol Autentikasi Dua Faktor di Android

    Cahyandaru Kuncorojati - 28 Februari 2020 10:35 WIB
    Malware Cerberus Bisa Bobol Autentikasi Dua Faktor di Android
    Malware Cerberus.



    Jakarta: Sistem keamanan autentikasi dua faktor atau 2FA (Two Factor Authentication) di perangkat Android bisa dibilang jadi sistem keamanan paling aman untuk akun. Metode ini membutuhkan izin akses dari beberapa perangkat yang digunakan penggunanya sacara bersamaan.

    Meskipun dinilai memberikan keamanan berlapis namun sebuah malware terbaru dilaporkan mampu membobol sistem keamanan 2FA. Tahun lalu sistem keaman ini sendiri dilaporkan pernah dibobol peretas Tiongkok.

     



    Kini laporan terbaru menyebutkan ada malware bernama Cerberus yang bisa mencuri kode autentikasi yang diberikan Google di smartphone. Temuan ini baru saja dilaporkan oleh firma keamanan siber bernama ThreatFabric.

    Disebutkan bahwa malware Cerberus sebernarnya merupakan hasil perkembangan dari malware sebelumnya bernama Trojan Anubis di tahun 2018. Saat itu malware ini bisa mengakses data kontak dan SMS yang ada di perangkat tap tidak bisa mengambil alih kendali perangkat.

    Kini dengan kemampuan untuk mencuri kode autentikasi dua faktor dari Google, Cerebrus bisa diam-dam mengambil alih kendali smartphone Android sepenuhnya. Saat malware ini terdeteksi oleh perangkat, artinya pelaku pembobolan sudah mencuri data korbannya.

    Dijelaskan oleh ThreatFabric bahwa malware Cerberus masih digolongkan ke dalam banking malware. Malware ini mengincar celah keamanan di layanan aplikasi perbankan. Tujuannya tentu saja memperoleh akses ke layanan perbankan korban untuk mencuri uang mereka.

    ThreatFabric menyebutkan tujuh layanan perbankan dari Prancis, tujuh dari Amerika serikat, satu asal Jepang, dan 15 aplikasi non-perbankan menjadi tagert dari malware Cerberus.

    Pengguna smartphone Android yang menghubungkan layanan Google dengan kartu kredit mereka untuk sistem permbayaran di Play Store juga menjadi target empuk malware Cerberus. Saat ini Google belum memberikan respon terkait temuan ini.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id