Di AS, Penyedia Internet Dilarang Terapkan Sewa Router

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Januari 2020 12:21 WIB
    Di AS, Penyedia Internet Dilarang Terapkan Sewa Router
    Ilustrasi. (Rawpixel)
    Jakarta: Apabila Anda berlangganan internet kabel di rumah pasti sudah familier dengan kebijakan biaya bulanan tambahan. Tidak hanya biaya kuota kecepatan internet yang dilanggan, tapi juga router khusus yang digunakan.

    Di Amerika Serikat kebijakan itu dalam waktu dekat tidak akan berlaku lagi. Kebjiakan terbaru pemerintah setempat akan melarang penyedia internet atau internet service provider (ISP) menarik biaya sewa router maupun perlengkapan mereka ke pelanggan.

    Dikutip dari PC Gamer, kebijakan ini akan mulai diberlalukan oleh pemerintah Amerika Serikat pada bulan Juni nanti. Apabila penyedia internet tidak memberikan paket alat atau router kepada pelanggannya, mereka juga tidak boleh menerapkan sistem sewa atau peminjaman.

    Di sisi lain hal ini sebenarnya punya efek positif bagi pelanggan layanan internet kabel. Bukan rahasia lagi bahwa router milik penyedia layanan internet biasanya memiliki fitur atau spesifikasi minim terkait kecepatan koneksi internet. Jadi sangat lebih baik apabila pelanggannya membeli router sendiri.

    Perusahaan penyedia layanan internet kabel di Amerika Serikat Frontier menjadi nama yang disebut ikut terkena kebijakan baru ini. Namun, pihak perusahaan berargumen bahwa yang dilakukannya selama ini tidak salah.

    Pihak Frontier menyatakan bahwa router yang berbeda-beda di pelanggan membuat mereka menerima komplain mengenai cara konfigurasi router saat terjadi masalah layanan. Pihak regulasi komunikasi Amerika Serikat yaitu Federal Communication Commision (FCC) menyetujui hal ini.

    Kebijakan terbaru ini akan membantu melindungi konsumen. Perusahaan penyedia layanan internet dituntut lebih transparan mengeai biaya yang diberikan kepada pelanggan.

    Artinya perusahaan penyedia layanan internet di Amerika Serikat seperti Frontier dan lainnya akan kehilangan pemasukan tambahan. Rumornya mereka berencana menaikan biaya berlangganan layanan internet demi menutup kerugian akibat kebijakan tersebut.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id