MediaTek Kenalkan Dimensity 800 dengan Modem 5G

    Lufthi Anggraeni - 27 Desember 2019 08:51 WIB
    MediaTek Kenalkan Dimensity 800 dengan Modem 5G
    MediaTek mengumumkan Dimensity 800, penerus dari Dimensity 1000/L.
    Jakarta: MediaTek menggelar konferensi pers singkat di Beijing guna memperkenalkan chipset Dimensity 800, menyasar perangkat kelas menengah pada tahun 2020 mendatang serta didukung oleh modem 5G terintegrasi.
     
    Chipset ini juga digadang akan menjadi solusi lebih terjangkau dari Dimensity 1000/L yang dapat ditemukan pada smartphone Oppo Reno3. MediaTek tidak mengungkap spesifikasi dari chipset ini.
     
    Platform tersebut akan didemonstrasikan pada ajang CES 2020 di Las Vegas pada hari-hari pertama tahun baru itu. Sejumlah pihak memperkirakan bahwa Dimensity 800 akan bersaing dengan smartphone yang didayai seri Kirin 800 dan Qualcomm Snapdragon seri 7.
     
    Baru akan tersedia secara resmi pada ajang CES, GSM Arena memberikan bocoran informasi terkait spesifikasi chipset ini. MediaTek Dimensity ini mengusung modem 5G Helio M70 yang diperkenalkan pada awal tahun 2019.
     
    Modem ini diklaim mampu mencapai kecepatan downlink hingga 4.7 Gbps dan uplink hingga 2.5 Gbps, serta mendukung jaringan SA dan NSA. Modem ini juga didukung oleh NR 2 Component Carrier.
     
    Saat ini, hanya chipset Dimensity 1000/L yang menggunakan modem tersebut. SoC ini berbekal empat inti Cortex-A77 dan empat Cortex-A55. MediaTek menjanjikan peningkatan performa dan daya tahan baterai hingga 20 persen, jika dibandingkan dengan chipset didukung unit inti Cortex-A76.
     
    Sebelumnya, chipset 5G seri Dimensity pertama kali diperkenalkan MediaTek pada awal bulan Desember lalu, melalui chipset pertamanya yaitu Dimensity 1000. Seri keluarga Dimensity diklaim menawarkan kemampuan kecepatan dan kecerdasan di dalamnya yang bisa dioptimalkan oleh teknologi yang membutuhkan koneksi 5G.
     
    Dimensity 1000 disebut MediaTek sebagai solusi tunggal dengan modem 5G yang terintegrasi serta diciptakan dari teknologi fabrikasi 7nm. Nama Dimensity dipilih sebagai nama untuk menunjukkan bagaimana solusi-solusi 5G kami mendorong gelombang-gelombang baru inovasi dan pengalaman. 
     
    Sementara itu pada bulan Oktober lalu, MediaTek mengonfirmasi keberadaan Helio M70 dan persiapannya dalam menyematkan modem ini di sejumlah chipset terbaru karyanya. Kala itu, MediaTek menyebut akan mengumumkan M70 pada akhir tahun, yang kemudian berhasil dibuktikan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id