comscore

Diperingati Setiap 28 Juni, Apa Itu Hari Caps Lock Sedunia?

Cahyandaru Kuncorojati - 28 Juni 2022 17:05 WIB
Diperingati Setiap 28 Juni, Apa Itu Hari Caps Lock Sedunia?
Ilustrasi
Jakarta: Ada yang unik di setiap tanggal 28 Juni. Di tanggal tersebut selalu dirayakan sebagai Hari Caps Lock Sedunia. Tentu saja hal ini membuat banyak orang bingung, Capslock dikenal sebagai fungsi dari sebuah keyboard di komputer dan smartphone untuk membuat ketikan tulisan dalam bentuk kapital alias huruf besar.

Kenyataannya, Hari Caps Lock Sedunia baru dirayakan sejak tahun 2000. Momen peringatan ini diciptakan oleh pria bernama Derek Arnold dari Iowa, Amerika Serikat. Penelusuran yang dilakukan Medcom.id menemukan bahwa Hari Caps Lock Sedunia dirayakan dua kali dalam setahun, 28 Juni dan 22 Oktober.
Dikutip dari situs Celebrate Every Day, Hari Caps Lock Sedunia adalah sindiran bagi tipografi atau gaya penulisan sebagai masyarakat di belahan dunia barat yang jarang menulis menggunakan huruf kapital atau huruf besar.

Padahal sebagian besar gaya penulisan di dunia menggunakan huruf besar atau huruf kapital, termasuk tulisan Katakana yang digunakan masyarakat Jepang. Jadi Hari Caps Lock Day sebenarnya hanya sebuah tren yang dirayakan setiap tahun hingga saat ini.

Di momen Hari Caps Lock Sedunia, Anda mungkin akan menemukan ucapan untuk perayaan yang ditulis semua dengan huruf kapital. Di tahun 2009 Hari Caps Lock Sedunia juga bertepatan dengan meninggalnya sosok Billy Mays.

Billy Mays adalah sosok pemasaran terkenal di industri televisi Amerika. Dia mengklaim sangat bangga dengan penemuan fitur Caps Lock dan dituangkan ke dalam semua iklan yang dia buat. Caps Lock dan huruf kapital membuat kesan yang bisa menarik perhatian pembaca atau siapapun yang melihatnya.

Di Indonesia penggunaan huruf kapital pada tulisan memiliki kesan tertentu terutama saat berinteraksi lewat aplikasi messaging. Saat sebuah kata atau kalimat sepenuhnya ditulis dengan huruf kapital, maka hal ini dipahami sebagai penegasan dan bahkan bisa terkesan kasar atau tidak sopan.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id