Begini Jadinya Jika Fidget Spinner Dibawa ke Luar Angkasa

    Riandanu Madi Utomo - 23 Oktober 2017 10:12 WIB
    Begini Jadinya Jika Fidget Spinner Dibawa ke Luar Angkasa
    Bagaimana jadinya jika fidget spinner dimainkan di luar angkasa?
    medcom.id: Sebagian besar dari Anda pasti tahu mengenai fidget spinner. Mainan kekinian tersebut memang sempat populer bahkan diklaim bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks dan tenang.

    Selama ini, kita selalu melihat bagaimana fidget spinner digunakan di Bumi, lalu bagaimana jika mainan tersebut dibawa ke Stasiun Luar Angkasa Interrnasional (ISS) dan berada di lingkungan dengan gravitasi mikro?

    Baru-baru ini sekelompok astronaut yang berada di ISS melakukan percobaan sederhana menggunakan fidget spinner. Mereka mempelajari bagaimana fidget spinner berekasi di luar angkasa sekaligus membuktikan hukum gerak Newton.

    Dari video berdurasi kurang lebih satu menit tersebut, fidget spinner terlihat bisa berputar secara konstan lebih lama karena efek gravitasi Bumi lebih kecil pengaruhnya di ISS ketimbang di permukaan Bumi.

    Menariknya, badan astronot akan ikut berputar ketika memegang fidget spinner yang sedang berputar secara tiba-tiba. Ini menjelaskan ketepatan hukum gerak Newton.

    Hukum gerak Newton sendiri merupakan tiga hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Hukum ini telah dituliskan dengan pembahasaan yang berbeda-beda selama hampir 3 abad.

    Hukum gerak ini pertama dirangkum oleh Isaac Newton dalam karyanya Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica, pertama kali diterbitkan pada 5 Juli 1687. Newton menggunakan karyanya untuk menjelaskan dan meniliti gerak dari bermacam-macam benda fisik maupun sistem.

    Contohnya, dalam jilid tiga dari naskah tersebut, Newton menunjukkan bahwa dengan menggabungkan antara hukum gerak dengan hukum gravitasi umum, ia dapat menjelaskan hukum pergerakan planet milik Kepler.





    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id