Instagram dan Facebook Sempat Tumbang, Kenapa?

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 November 2019 07:17 WIB
    Instagram dan Facebook Sempat Tumbang, Kenapa?
    Logo Instagram.
    Jakarta: Pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia yang semalam mengalami gagal login maupun tidak bisa melihat Instagram Stories terbaru tidak sendiri. Di Twitter, berbagai pengguna kedua media sosial tersebut di berbagai negara juga mengeluhkan hal yang sama.

    Di Twitter tagar #InstagramDownsempat memuncaki Trending Topics Twitter dunia atau worldwide. Masalah ini serup asudah terjadi beberapa kali sepanjang 2019 dan dipastikan Twitter menjadi tempat pengguna keduanya berkeluh kesah.

    Dikutip dari USA Today, pihak Facebook mengakui kedua layanannya memang memiliki masalah. Meskipun mereka tidak merinci penyebab masalah layanannya.
     
    "Dini hari, banyak orang yang mengalami masalah dalam mengakses Facebook dan aplikasi lain. Isu ini sudah diselesaikan, kami sudah kembali pulih 100 persen dan kami meminta maaf atas ketidak nyamanan yang terjadi," tulis perwakilan Facebook kepada USA Today.

    Semalam akun resmi Twitter Instagram juga akhir membuat cuitan yang menyatakan layanan mereka bermasalah dan ikut menggunakan tagar #InstagramDown. Layanan situs DownDetector.com menemukan bahwa kedua layanan tumbang paling banyak terjadi di kawasan Eropa.

    Amerika Serikat juga menjadi kawasan yang paling banyak mengeluhkan masalah tumbangnya Facebook dan Instagram. DownDetector.com mencatat ada sekkitar 9.000 keluhan mengenai tumbangnya dua layanan Facebook dari mulai jam 10 malam hingga 1 pagi dini hari.

    Sama seperti kejadian serupa di sepanjang 2019, Facebook Inc. tidak memberikan data penyebab tumbangnya layanan mereka. Mereka juga beberapa waktu lalu sempat membantah ada serangan siber ke layanan yang membuat pengguna tidak bisa mengakses Facebook maupun Instagram.

    Di bulan Januari lalu beredar kabar bahwa Mark Zuckerberg berniat mengintegrasikan layanan tiga aplikasi yaitu Facebook, Instagram, dan WhatsApp ke dalam satu layanan, dikutip dari New York Times. Kemungkinan Facebook Inc. sedang dalam tahap uji coba sehingga menggangu layanan yang ada.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id