Facebook Enggan Beritahu Pengguna Korban Kebocoran Data

    Lufthi Anggraeni - 09 April 2021 12:11 WIB
    Facebook Enggan Beritahu Pengguna Korban Kebocoran Data
    Facebook enggan memberitahukan pengguna platformnya yang terdampak oleh kebocoran data.



    Jakarta: Facebook merespon berita terbaru menyebut bahwa data 535 juta akun beredar di internet secara gratis. Namun, bukan dengan cara yang diharapkan pengguna, sebab Facebook tidak berencana untuk memberitahukan pengguna korban kebocoran data tersebut.

    Mengutip The Verge, dalam rangkaian data, terdapat banyak informasi yang tidak diinginkan pengguna untuk beredar di internet secara bebas, termasuk ulang tahun, lokasi, nama lengkap, dan nomor ponsel.






    Dengan demikian, keengganan Facebook untuk memberitahukan pengguna terdampak oleh kebocoran data ini dinilai mengecewakan. Facebook menyebutkan dua alasan pendukung keputusannya untuk tidak memberitahukan pengguna terdampak secara proaktif.

    Facebook menyebut pihaknya tidak percaya diri menyoal pengguna yang perlu diberitahukan, dan bahwa pengguna tidak akan dapat melakukan apa-apa terkait dengan data yang beredar secara luas di internet.

    Pada hari Selasa, 13 April 2021, Facebook mengunggah tulisan di blog resminya menyebut bahwa pihaknya meyakini data diambil via pengimpor kontak miliknya sebelum bulan September 2019, metode yang tercantum dalam pelanggaran kebijakan perusahaan.

    Namun, reporter BuzzFeed Ryan Mac menekankan bahwa pernyataan Facebook ini tidak selaras dengan fakta bahwa Facebook belum berbicara atau mengajukan tuntutan hukum terhadap perusahaan pengawasan kontroversial Clearview AI, karena mengambil foto dari Instagram dan Facebook.

    Facebook mengklaim pihaknya telah melakukan sejumlah perubahan terkait pengimpor kontak, menghapus kemampuan mereka untuk mengambil data. Sementara itu, The Verge menyebut bahwa Facebook belum merespon permintaan untuk komentar resmi.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id