Segera Hapus! Aplikasi Barcode Ini Banyak Malware

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 10 Februari 2021 13:32 WIB
    Segera Hapus! Aplikasi Barcode Ini Banyak Malware
    gambar tangkap layar Barcode Scanner LAVABIRD LTD



    Jakarta: Google Play Store baru-baru ini menghapus aplikasi Barcode Scanner. Penghapusan ini dilakukan setelah mendapatkan laporan bahwa aplikasi tersebut mengandung malware atau aplikasi terselubung yang memiliki niat ‘jahat’.

    Google menerima laporan dari Malwarebytes bahwa pembaruan Barcode Scanner mengarahkan pengguna ke situs iklan pihak ketiga di browser default perangkat. Pengguna pun dipaksa untuk menginstal aplikasi pembersih sampah dan memori.






    Mengutip Malwarebytes dijelaskan bahwa aplikasi ini setelah mendapatkan pembaruan pada Desember lalu pengguna merasakan ponselnya bekerja semakin berat dan menghabiskan daya baterai.

    Sementara itu, melansir Android Central, ini merupakan taktik yang digunakan untuk mendapatkan pendapatan dari  iklan dengan mendorong mereka ke pengguna dengan cara yang jahat. Apalagi aplikasi ini menyertakan kode untuk mencoba dan menyembunyikan dirinya sendiri.

    Meski sudah dihapus, aplikasi besutan LAVABIRD LTD ini sudah diunduh sebanyak 10 juta kali di toko aplikasi Google. Ini berarti sudah ada jutaan pengguna yang terkena malware ini.

    Bagi Anda merasa pernah mengunduh atau memasang aplikasi tersebut segera hapus. Karena meski sudah dihapus oleh Google, malware masih bisa bersarang jika aplikasi belum dihapus dari perangkat Anda.

    Dalam laporannya Malwarebytes menyampaikan mayoritas aplikasi gratis di Google Play menyertakan semacam periklanan dalam aplikasi.Namun itu tidak berlaku untuk versi berbayar.

    Dalam kasus aplikasi Barcode Scanner Malwarebytes mengaku sulit untuk mengetahui sudah berapa lama aplikasi ini menghuni di Google Play Store sebagai aplikasi yang sah sebelum mengandung malware.
     

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id