Samsung Rangkum Riwayat Kamera seri Galaxy S

    Lufthi Anggraeni - 19 Januari 2021 16:42 WIB
    Samsung Rangkum Riwayat Kamera seri Galaxy S
    Samsung merilis riwayat kamera yang dihadirkannya pada smartphone seri Galaxy S, hingga Galaxy S21.
    Jakarta: Samsung V200 dari tahun 2000 merupakan ponsel pertama Samsung dengan dukungan kamera, lebih dari itu merupakan ponsel pertama di dunia yang didukung oleh kamera terintegrasi.

    Sejak peluncuran V200, Samsung telah berupaya untuk meningkatkan fotografi mobile dan selama 11 tahun terakhir, seri premium Galaxy S memimpin perubahan ini. Samsung mengaku merasakan nostalgia setelah meluncurkan lini Galaxy S21.

    Karenanya, Samsung mengunggah riwayat kamera Galaxy S dari generasi pertama hingga generasi terbarunya.

    1. Galaxy S, Panorama Shot
    Generasi pertama Samsung Galaxy S berbekal kamera 5MP dan kemampuan perekaman video 720p. Smartphone ini juga menawarkan mode Panorama, memungkinkan pengguna memotret foto dengan sudut lebih luas.

    Kemampuan ini dihadirkan Samsung jauh sebelum kehadiran kamera lensa ganda yang kemudian menjadi tren, sehingga kala itu, lensa ultrawide belum terpikirkan sebelumnya.

    2. Galaxy S2, Lampu Flash LED
    Selain didukung fitur autofokus, kamera pada smartphone generasi pertama tidak didukung lampu flashlight LED. Samsung memperbaiki hal  ini di Galaxy S2, yang juga meningkatkan resolusi kamera belakang menjadi 8MP, dan kamera depan menjadi 2MP dari 0,2MP.

    3. Galaxy S3, Burst Shot
    Galaxy S3 mempermudah pengguna untuk menghasilkan foto berkualitas baik. Tidak terlalu efektif seperti mode Single Take modern, namun mode Best Photos mampu memotret hingga delapan foto dalam sesi cepat dan merekomendasikan hasil foto terbaik.

    Mode Zero Shutter Lag dan fotografi burst berkemampuan memotret 20 foto dalam waktu 3,3 detik juga menjadi tambahan menyenangkan pada alat fotografi di S-series kala itu.

    4. Galaxy S4 Dual Shot
    Samsung Galaxy S4 dilengkapi dengan Dual Shot, efek foto di dalam foto atau picture-in-picture yang mengombinasikan output dari kamera depan dan belakang. Samsung bereksperimen dengan fitur baru seperti Sound & Shot, merekam suara sekitar untuk diselaraskan dengan foto.

    Samsung juga bereksperimen dengan Drama Shot, yang menghadirkan serupa Photoshop dengan efek menyenangkan. Samsung Galaxy S4 juga hadir dengan peningkatan pada kamera belakang menjadi 13MP, meningkat dari 8MP dari dua generasi sebelumnya.

    5. Galaxy S5, Rich Tone HDR
    Sensori karya Samsung, ISOCELL, diperkenalkan di Galaxy S5, dan didukung oleh sensori beresolusi 16MP. Teknologi ISOCELL mengurangi komunikasi lintas piksel, meningkatkan performa di pencahayaan redup. Fitur Rich Tone HDR yang baru diperkenalkan meningkatkan kemampuan menangani kondisi pencahayaan terlalu terang.

    6. Galaxy S6, 0,7 Seconds
    Kamera yang baik tidak akan berguna jika menyebabkan pengguna kehilangan momen. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Galaxy S6 memperkenalkan Quick Launch, mengetuk tombol Home sebanyak dua kali untuk meluncurkan kamera dan memotret hanya dalam 0,7 detik.

    Melacak autofokus mengikuti obyek, sehingga yang perlu pengguna lakukan hanyalah menekan tombol shutter.

    7. Galaxy S7, Dual Pixel Image Sensor
    Fokus menjadi kemampuan yang lebih ditingkatkan Samsung pada Galaxy S7 berkat dukungan Dual Pixel AF, fitur yang dipinjamnya dari kamera DSLR. Galaxy S7 edge hadir dengan nilai DxOMark sebesar 88, menjadikannya kamera mobile terbaik pada daftar perangkat situs pengujian kamera tersebut kala itu.

    8. Galaxy S8, Image Signal Process Algorithm
    Hingga saat ini, cukup jelas bahwa upgrade hardware sensor tidak cukup untuk berkompetisi dengan kamera yang didedikasikan untuk pemotretan dalam kondisi pencahayaan redup. Galaxy S8 mengadopsi perpaduan gambar, yang memotret tiga foto dalam sesi singkat dan menggabungkannya menjadi satu foto berkualitas tinggi.

    Antarmuka kamera juga diubah sehingga memungkinkan pengoperasian dengan menggunakan satu tangan.

    9. Galaxy S9, Dual Aperture
    Peningkatan pada Galaxy S9 terfokus pada pemotretan dalam kondisi pencahayaan redup. Lensa ini memiliki aperture ganda, memungkinkan ponsel memilih antara f/2.4 untuk foto pada pencahayaan cukup dan f/1.5 untuk malam hari.

    Aperture tersebut memungkinkan lebih banyak cahaya mencapai sensor. Kamera video juga memperoleh kemampuan untuk merekam video slow-motion dengan 960 frame per detik, dan Samsung juga menghadirkan kesenangan via AR Emoji pada kamera Galaxy S9.

    10. Galaxy S10, Super Steady
    Galaxy S9+ menambahkan kamera kedua yaitu telefoto 2x, sehingga Samsung meningkatkannya pada S10 dengan pembekalan tiga kamera, termasuk kamera ultrawide. Tidak hanya mengurangi kebutuhan untuk mode panorama, kehadiran kamera ini juga memungkinkan kamera memanfaatkan mode perekaman video Super Steady.

    Galaxy S10 juga didukung fitur HDR10+, merupakan hasil pengembangan dari model sebelumnya.

    11. Galaxy S20, Space Zoom
    Generasi Galaxy S20 terfokus kembali pada ranah zoom dan memperkenalkan Space Zoom 100x pada model Ultra baru. Generasi ini merupakan perangkat pertama berkemampuan merekam video beresolusi 8K dan dibekali teknologi analisis gerakan berbasis kecerdasan buatan (AI), Super Steady.

    12. Galaxy S21, On-Device AI
    Model Ultra dari generasi yang baru saja diumumkan Samsung ini menjadi ponsel cerdas karya perusahaan asal Korea Selatan ini yang didukung oleh modul telefoto ganda. Director Views memberikan tampilan langsung dari tiga kamera secara simultan dan terdapat sejumlah mode picture-in-picture.

    Setiap kamera dari tiga kamera di model Galaxy S21 berbekal kemampuan merekam video beresolusi 4K pada 60 fps. Dual Pixel AF digunakan pada kamera utama S21/21+ serta pada lensa ultra wide dan dua kamera tele Galaxy S21 Ultra.

    Model Ultra juga menjanjikan kemampuan memotret di malam hari lebih baik, berkat dukungan sensor ISOCELL 108MP dengan teknologi pixel binning 9-in-1 lebih baik. Pembekalan lebih banyak AI juga terdapat di seri smartphone ini, ditujukan untuk meningkatkan kualitas gambar.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id