KESAN Ajak Pengguna Lebih Rajin Ibadah Lewat Aplikasi

    Lufthi Anggraeni - 05 Mei 2019 08:57 WIB
    KESAN Ajak Pengguna Lebih Rajin Ibadah Lewat Aplikasi
    Aplikasi Kesan lebih terfokus untuk lebih sering digunakan oleh pengguna ketimbang banyaknya jumlah unduhan.
    Jakarta: PT Kesan Digital Nusantara mengumumkan aplikasi bernuansa keagamaan bertajuk KESAN, merupakan singkatan dari Kedaulatan Santri. Aplikasi ini diklaim berbekal konten lengkap, sehingga juga dapat digunakan oleh siswa di institusi pendidikan Pesantren atau santri.

    “Berdasarkan pengalaman sebagai santri, untuk melakukan ibadah tergolong lebih mudah. Tapi kini lebih sulit, karena tidak adanya ajakan untuk melakukan ibadah ini. Dan berdasarkan riset, aplikasi keagamaan yang saat ini tersedia di pasar belum komprehensif untuk santri,” ujar CEO Kesan Hamdan Hamedan.
    Karenanya, aplikasi Kesan ini dirancang atas dasar pertimbangan tujuan untuk menemani santri, purna santri dan umat islam, serta membantu mengingatkan terkait ibadah yang dapat dilakukan di hari-hari tertentu.

    Hamdan turut menyebut aplikasi ini dibangun berdasarkan riset yang dilakukannya di sejumlah pesantren dan acara yang melibatkan santri. Pada riset ini, Kesan meminta pendapat santri terkait aplikasi yang mereka inginkan.

    Berdasarkan riset ini, sebagian besar santri mengaku terganggu dengan kehadiran iklan yang muncul secara mendadak pada aplikasi yang mereka gunakan. Karena dinilai mengganggu konsentrasi mereka saat menggunakan aplikasi.

    Karenanya, aplikasi Kesan ini hadir tanpa iklan dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Dalam beberapa bulan mendatang, aplikasi Kesan ini juga disebut akan tersedia untuk diunduh oleh pengguna perangkat iOS.

    Dirancang untuk membantu mengingatkan umat islam, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat jadwal sholat sesuai keinginan, tidak hanya berisi pengingat waktu sholat wajib, juga pengingat sholat sunnah seperti tahajud atau duha.

    Selain itu, aplikasi ini juga disebut akan memberikan notifikasi berisi Hadis Sahih setiap pagi, serta hadis harian terkait dengan waktu penggunaan, seperti Ramadan, dan dapat dibagikan ke media sosial.

    Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur doa dan shalawat, yang hingga saat ini tersedia sebanyak 19 jenis doa dan 36 jenis shalawat.

    Selain itu pada doa dan shalawat serta ayat lain, aplikasi Kesan menghadirkan doa bertuliskan bahasa Arab, dengan transliterasi berbahasa Indonesia, serta terjemahan dan penjelasannya.

    Aplikasi ini juga berbekal kalendar Hijriah, dengan penanda warna pada setiap tanggal. Warna merah disebut menandai hari besar dalam agama Islam, sedangkan warna kuning menjadi pengingat bagi pengguna terkait amalan sunnah yang dilakukan di hari tersebut.

    Saat ini, aplikasi Kesan baru tersedia untuk perangkat Android, mengingat perangkat ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Selain itu, untuk saat ini, Kesan mengaku tidak menargetkan jumlah pengguna dan lebih terfokus untuk menjadikan aplikasinya sebagai aplikasi yang sering digunakan masyarakat layaknya aplikasi media sosial.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id