Hati-Hati, Pesan Berbahaya Ini Bisa Bikin Rusak WhatsApp

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 September 2020 09:04 WIB
    Hati-Hati, Pesan Berbahaya Ini Bisa Bikin Rusak WhatsApp
    Contoh pesan berbahaya yang bisa membuat aplikasi WhatsApp rusak.
    Jakarta: Bug atau celah di dalam aplikasi WhatsApp kembali ditemukan. Kali ini dilaporkan bahwa aplikasi WhatsApp di ponsel Android dan iOS bisa mengalami crash atau rusak akibat sebuah pesan teks aneh tidak dimengerti.

    Kasus seperti ini bukan hal baru karena sudah beberapa kali terjadi. Asumsi yang beredar adalah aplikasi WhatsApp tidak bisa memahami teks dengan susunan huruf dan simbol yang aneh. Hal ini didesain untuk membuat aplikasi WhatsApp tidak bisa mengolahnya.

    Dikutip dari situs WA BetaInfo, pesan berbahaya ini akan membuat aplikasi WhatsApp mengalami infinite crash. Jadi setiap kali aplikasi WhatsApp dibuka maka aplikasi akan langsung bermasalah dan otomatis keluar. Apakah ada solusinya?

    Sayangnya, pihak WhatsApp belum memberikan respon atas laporan ini. Satu-satunya cara pencegahan yang terbaik adalah dengan rajin membuat backup WhatsApp. Jadi saat Anda menjadi korban dan tidak bisa masuk ke aplikasi, cukup uninstall aplikasi dan unduh kembali bersama backup yang ada.
     
    Situs WA BetaInfo mengklaim kasus serupa juga terjadi pada pengguna WhatsApp di beberapa negara. Bentuk pesan berbahaya ini bermacam-macam, ada yang berupa teks dan simbol panjang tapi ada yang dikirim dalam bentuk vCards.

    vCards adalah sebuah file yang bisa menyimpan daftar kontak. Namun dalam kasus ini vCards berisi daftar kontak aneh dengan nama yang sangat panjang. Padahal daftar kontak tersebut berisi pesan berbahaya yang sudah diselipkan untuk membuat aplikasi WhatsApp di ponsel Anda rusak atau crash.

    Satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah menyetel pengaturan grup di WhatsApp menjadi hanya daftar kontak yang Anda simpan yang bisa memasukan Anda ke grup. Hal ini mencegah nomor Anda masuk ke grup tidak dikenal yang mengirimkan pesan berbahaya tadi.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id