Gojek Akui Hentikan GoRide di Jabodetabek

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 April 2020 10:52 WIB
    Gojek Akui Hentikan GoRide di Jabodetabek
    Ilustrasi. (Antara/Septian Perdana)
    Jakarta: Hilangnya layanan GoRide atau moda transportasi kendaraan roda dua Gojek dari aplikasi mereka per hari ini akhirnya dijawab oleh pihak perusahaan.

    Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita mengakui bahwa pihaknya memang menghentikan layanan GoRide untuk mengikuti kebijakan pemerintah DKI Jakarta terkait PSBB (Pembatasan Sosial Bersakala Besar).

    "Kami mematuhi keputusan pemerintah DKI Jakarta terkait penerapan PSBB dan kami berharap langkah ini dapat mencegah penyebaran COVID-19," tutur Nila. Peraturan Gubernur terkait PSBB memang diterbikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 9 April 2020 resmi berlaku per hari ini hingga 14 hari ke depan.

    "Larangan ojek online membawa penumpang selama penerapan PSBB pada 10 - 23 April berdampak pada berhentinya sementara salah satu layanan yang disediakan oleh mitra driver Gojek di Jabodetabek, yaitu layanan transportasi roda dua GoRide," jelas Nila melalui pesan WhatsApp yang diterima Medcom.id.

    Nila menjelaskan bahwa layanan transportasi rida empat GoCar dan GoBlueBird tetap tersedia tapi jumlah penumpangnya dibatasi sesuai Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang PSBB.

    Penumpang kendaraan roda empat jenis sedan dibatasi hanya mengangkut dua penumpang untuk mendukung physical distancing. Di kendaraan yang muatannya lebih besar hanya diizinkan mengangkut setengah dari kapasitas.

    "Di samping itu, layanan pesan antar makanan GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed, serta layanan  pengantaran barang GoSend, GoMart, GoShop dan GoBox tetap beroperasi melayani masyarakat selama periode PSBB. Masyarakat dapat menggunakan layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung atau contactless delivery," beber Nila.

    "Kami menyediakan masker bagi seluruh mitra untuk memastikan kesehatan bersama. Kami juga mengingatkan agar penumpang GoCar menggunakan masker selama perjalanan, dan mengikuti panduan keamanan selama perjalanan yang diinformasikan lewat aplikasi," imbuhnya.

    Berdasarkan pantauan dan uji coba Medcom.id, layanan GoRide hilang dari tampilan depan aplikasi tapi masih bisa ditemukan di dalamnya. Namun, proses pemesanan akan terhenti di tahap siap order karena muncul informasi bahwa layanan tidak tersedia di kota Anda. Kami mencobanya saat berada di Kabupaten Bogor.

    Berbeda dari GrabBike yang masih tetap tersedia di aplikasi Medcom.id dan bisa dipesan di lokasi yang sama. Berdasarkan pantauan di media sosial, banyak netizen yang kemungkinan berada di Jakarta melaporkan bahwa GrabBike juga hilang dari aplikasi. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Grab.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id